41% Warga Tak Bersedia Divaksinasi, Satgas: Kita Perlu Perkuat Edukasi
Presiden Jokowi berbincang dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau vaksinasi Covid-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2). (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A)

41% Warga Tak Bersedia Divaksinasi, Satgas: Kita Perlu Perkuat Edukasi

Senin, 22 Feb 2021 | 12:04 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Indikator Politik Indonesia merilis survei yang meenyebut sebanyak 41% warga tidak atau kurang bersedia menerima vaksin Covid-19. Terkait hal itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi memastikan pemerintah akan memperkuat edukasi vaksinasi Covid-19. 

"Sikapnya kita perlu perkuat edukasi ya," kata Siti Nadia, kepada wartawan, Minggu (21/2).

Ia menambahkan edukasi terkait keamanan dan kehalalan vaksin akan lebih digencarkan dengan melibatkan tokoh masyarakat hingga influencer media sosial.

"Masyarakat tak ragu untuk mendapatkan vaksin, karena sudah dijamin vaksin ini aman dan bermutu. Dan selama menunggu vaksinasi tetap menjalan prokes. Karena vaksin melindungi diri kita dan juga keluarga kita," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Ia memastikan pemerintah akan lebih gencar promosi tentang vaksinas. Namun juga dengan diiringi promosi  menjaga protokol kesehatan.

"Pemerintah akan menggencarkan promosi tentang vaksinasi (aman, efektif, halal), sambil tetap menjaga promosi protokol kesehatan," katanya.

Dalam survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia itu, sebanyak 54,9 persen warga bersedia divaksinasi, sedangkan 41 persen warga tidak atau kurang bersedia.

Metode survei ini dilakukan secara by phone karena situasi pandemi ini belum memungkinkan secara lebih masif melakukan survei face to face. Sampel sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...