4.300 Jamaah Calon Haji Mendarat di Jeddah Tiap Jam

4.300 Jamaah Calon Haji Mendarat di Jeddah Tiap Jam

Kamis, 11 Agt 2016 | 12:13 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Dalam musim haji tahun ini, sebanyak dua juta jamaah dari 188 negara diperkirakan bakal memadati Tanah Suci pada musim haji 1437H/2016. Suasana kepadatan pun mulai nampak di berbagai sudut kota Makkah seperti Masjidil Haram.

Secara bergiliran, beberapa rombongan jamaah calon haji dari beberapa negara mulai berdatangan. Kedatangan rombongan Indonesia bersamaan dengan beberapa rombongan dari negara India, Pakistan, Bangladesh, dan China. Manajemen Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA), Jeddah pun mengamini kedatangan para tamu Allah kian padat.

“Setiap jam diperkirakan ada sekitar 4.300 jamaah mendarat di Jeddah melalui 13 hanggar pesawat,” terang Direktur Urusan Haji dan Umrah Kementerian Haji Arab Saudi Khaled bin Muslim Al-Harbi dikutip dari Arabnews.com, Kamis (11/8).

Al-Harbi memastikan, pengurusan bagasi para jamaah di bandara akan diselesaikan dalam waku 30-45 menit saja. Sehingga peristiwa keterlambatan pengurusan akomodasi hingga 2-3 jam seperti tahun lalu tidak akan terjadi kembali.

Di luar kawasan bandara (KAAIA), kepadatan di Masjidil Haram nampak di areal thawaf (mathaf), kepadatan jemaah dari berbagai negara ini juga dijumpai di areal sai (masa). Selain jamaah, para petugas haji dari berbagai negara juga sudah mulai berdatangan.

Media Center Haji Kemenag RI mengamati, petugas Tabung Haji Malaysia misalnya, sudah mulai tampak melakukan sejumlah persiapan pelaksanaan tugas di Masjidil Haram. Hal sama dilakukan oleh petugas haji Indonesia yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1437H/2016 M Daerah Kerja Makkah.

Tiba di Makkah pada Rabu dini hari kemarin, para petugas segera menempati pos sektornya masing-masing untuk mempersiapkan tugas dan ruang pelayanan. Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat bahkan langsung menggelar rapat koordinasi dengan para Kepala Sektor dan para Kepala Seksi layanan untuk menyamakan kesepahaman terkait amanah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin agar petugas bisa hadir di setiap kebutuhan layanan jamaah haji Indonesia.

Jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan dari Tanah Air sejak Selasa 9 Agustus lalu, saat ini berada di Madinah Al-Munawwarah untuk melaksanakan ibadah Arbain (salat wajib berjamaah selama empat puluh waktu berturut-turut di Masjid Nabawi). Kloter pertama jamaah haji Indonesia diperkirakan memasuki kota Makkah pada Kamis 18 Agustus mendatang. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...