44 Tahun Dikuasai Cendana, Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan TMII
Keong Mas di TMII (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

44 Tahun Dikuasai Cendana, Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan TMII

Rabu, 7 Apr 2021 | 14:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Sektretaris Negara, Pratikno mengumumkan pemerintah resmi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Keputusan tersebut tertuang lewat Peraturan Presiden No.19/2021.

Sebelum diambil alih pemerintah, TMII sudah 44 tahun dikelola oleh Yayasan Harapan Kita yang didirakan oleh Ibu Tien Soeharto dan pengelolaannya dilakukan oleh keluarga Cendana.

“Yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensesneg. Dan berarti ini juga berhenti pula pengelolaan yang selama dilakukan oleh Yayasan Harapan kita. Kami akan melakukan penataan sebagaimana yang kami lakukan di GBK, dan di Kemayoran,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Rabu (7/4).

Pratikno menjelaskan, berdasarkan eppres No. 51/1977, TMII merupakan aset milik negara yang terdata di Kemensesneg yang pengelolaannya diberikan kepada Yayasan Harapan Kita.

“Mengenai TMII. Ini sudah pembicaraan cukup lama. Jadi kami menindaklanjuti rekomendasi dari beberapa pihak terkait. Termasuk dari BPK,” ungkapnya.

“Dan Kami berkewajiban untuk melakukan penataan, memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat. Dan memberikan kontribusi keuangan untuk negara. Jadi atas pertimbangan tersebut, presiden telah menerbitkan Perpres No 19/2021 tentang TMII,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...