48.000 Buruh Akan Turun ke Jalan, Ini Imbauan Polda Metro

48.000 Buruh Akan Turun ke Jalan, Ini Imbauan Polda Metro

 Sekitar 48.000 buruh akan menggelar unjuk rasa pada Selasa, 1 September 2015. Guna mengamankan aksi itu, Polda Metro Jaya akan mengerahkan 8.542 personel.

"Kekuatan sebanyak 8.542 personel dari Polda Metro Jaya dan jajaran serta BKO dari Mabes Polri, terdiri dari pengamanan dari polisi lalu lintas, Shabara dan Brimob," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Senin, 31 Agustus 2015.

Guna persiapan pengamanan demo buruh, Polda Metro sudah melakukan langkah-langkah pro aktif. Seperti melakukan diskusi dengan buruh agar unjuk rasa dilaksanakan di kawasan Monas.

"Persiapan sudah kita lakukan langkah-langkah pro aktif, diskusi dengan buruh dari semua elemen dengan Kapolda, TNI, Pemprov dan Pemerintah Pusat pada Sabtu kemarin," kata Iqbal.

Meski demikian, hingga saat ini belum ditemukan titik temu dalam hal apakah buruh akan melakukan long march atau langsung melakukan aksi di Istana Negara dan Silang Monas.

"Untuk hal tersebut belum ditemukan titik temu tapi hari ini akan ada pertemuan lagi, pada prinsipnya kami mau agar pelaksanaan demo buruh berjalan dengan aman tertib dan kondusif," ujar iqbal.

Terkait pengalihan arus lalu lintas, Iqbal mengimbau masyarakat agar menghindari jalur Sudirman dan Thamrin mulai pukul 09.00 WIB. Iqbal juga meminta kepada para buruh agar melakukan aksi unjuk rasa dengan tertib dan damai.

"Pengalihan lalu lintas bersifat situasional dan saya himbau masyarakat menghindari jalan Sudirman dan Thamrin dan mencari alternatif jalan lain. Demo harus tertib, damai dan tidak mengganggu masyarakat yang lainnya."