5 Alasan Kenapa Kamu Bisa Cepat Lelah

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

5 Alasan Kenapa Kamu Bisa Cepat Lelah Foto: Cheatsheet

WinNetNews.com - Merasa seperti tidak memiliki energi di pagi hari memang sering dirasakan oleh banyak orang, terutama mereka yang berangkat kerja pagi - pagi buta. AKhirnya mereka melampiaskan rasa lesu dan kantuk dengan menenggak secangkir kopi, berharap rasa mengantuk hilang dan kembali semangat.

Banyak penyebab yang membuat kamu tidak semangat saat pagi hari. Kurang semangat bisa berarti kurang berkonsetrasi. Pekerjaanpun menjadi terbengkalai. Seperti dikutip dari Cheatsheet , inilah penyebab mengapa kamu kurangt semangat dan berenergi saat pagi hari:

1. Kurang tidur

Ada alasan bagus mengapa National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa orang dewasa usia 26-64 (serta orang dewasa muda usia 18 sampai 25) membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam tidur setiap malam. Memang sulit untuk menerapkan peraturan yang satu ini, apalagi kamu tipe orang yang selalu sibuk. Ada banyak hal yang terjadi secara internal saat kamu tidur di malam hari, termasuk sekresi hormon pertumbuhan manusia, protein yang dibuat oleh kelenjar hipofisis, yang berperan dalam menjaga otot sehat dan tulang yang kuat.

Hal ini juga mempengaruhi bagaimana tubuh kita mengumpulkan lemak (terutama di daerah perut), membantu untuk mengimbangi rasio yang baik untuk kolesterol jahat, dan sangat penting untuk fungsi otak. Hormon pertumbuhan manusia terutama dilepaskan saat kamu tidur, dan tidak cukup HGH menyebabkan kelelahan, penurunan kekuatan dan stamina, serta gejala depresi. Jadi cobalah untuk tetap pada jadwal tidur.

2. Terlalu banyak makan junkfood

Gula memang bisa meningkatkan energi kamu, tetapi akan menybabkan musibah jika kamu mengkonsumsinya terlalu banyak. Semua jenis gula - glukosa, dekstrosa, maltosa, dan sukrosa - akan membuat kamu merasa lesu. Satu-satunya cara kamu untuk bisa menjadi produktif, kamu bisa mengkonsumsi makanan bernergi seperti buah dan sayur.

3. Kurang asupan cairan

Air minum merupakan salah satu cara yang paling penting untuk memerangi kelelahan. Banyak orang tidak menyadari bahwa kelelahan bisa karena dehidrasi. Cara terbaik untuk mengetahui apakah kamu terhidrasi adalah jika urin berwarna kuning.

4. Kamu butuh bergerak

Saat kamu lelah, mungkin kamu kurang bergerak. Setelah kamu bergerak, oksida nitrat dilepaskan dari lapisan arteri untuk memungkinkan darah bergerak bebas di seluruh pembuluh darah kamu, membantu untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi ke sel-sel kamu. Menariknya, untuk mendorong gerakan, kamu bisa berjalan cepat atau berlari saat pagi hari.

5. Tingkat hormon menjadi rusak

Beberapa hormon bisa memengaruhi untuk tingkat energi kamu. Dua sumber utama dari hormon bermasalah adalah fungsi tiroid yang lambat dan kelenjar adrenal. Bagaimana kamu tahu apakah hormon kamu mulai aneh? Coba tes kecil yang besar ini untuk hormon adrenal kamu: Ketika kamu lapar, kamu bisa merasakan dirimu menjadi sangat rakus. Ini adalah indikator besar saat kelenjar adrenal kamu mungkin tidak bekerja dengan benar.

Apa Reaksi Kamu?