5 Alasan Mengapa Wanita Sulit Melupakan Mantan

Cindy Cesilia

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

5 Alasan Mengapa Wanita Sulit Melupakan Mantan

Winnetnews.com -  Putus cinta apapun alasannya bisa sangat menyakitkan. Meskipun sulit, move on dan melanjutkan hidup adalah fase yang harus dijalani setelah kehilangan orang yang dicintai.

Fokus pada kenangan

Terlalu fokus pada kenangan positif sambil berusaha melupakan sama saja dengan menghidupkan kembali aspek positif, euforia, dan kesenangan dari peristiwa bersama orang di masa lalu, kata Patrick Wanis, Ph.D., pakar perilaku manusia. 

Kamu meyakini bahwa kamu tidak akan menemukan orang lain sesempurna dirinya

Alasan utama beberapa orang sulit untuk move on adalah karena adanya keyakinan bahwa tidak ada orang lain sesempurna mantan, kata Sheryl Paul, MA, konselor. Padahal kenyataannya tidak demikian. 

Mengikutinya di media sosial

Jika kamu masih mempertahankan kontak dengan mantan dan/atau masih mengikutinya di sosial media, itu bisa menjadi pengingat tentang apa yang hilang dari hidup kamu, kata psikolog klinis berlisensi, Roxy Zarrabi, Psy.D. Secara bersamaan, ini juga bisa meningkatkan harapan bahwa hubungan yang telah berakhir akan bersemi kembali.

Kamu masih mencoba memahami apa yang terjadi

Ketika kamu tidak mengetahui alasan mengapa hubungan ini harus berakhir, kemudian mencoba menganalisis, dan secara keseluruhan terus merenungkan perpisahan yang terjadi, ini bisa menjadi penyebab lain kamu sulit move on.

Kamu mengabaikan perasaan berduka

Ketika kehilangan orang yang dicintai, kita akan dihadapkan pada perasaan berduka. Namun tidak sedikit orang yang justru cenderung menghindari atau menyingkirkan perasaan menyakitkan dan berduka itu, meskipun pada akhirnya, hal itu hanya akan memperpanjang proses move on, kata Zarrabi. 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...