5 Alasan Pria Susah Meminta Maaf
Foto:Pexels

5 Alasan Pria Susah Meminta Maaf

Selasa, 6 Apr 2021 | 19:35 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Kalau kamu punya pasangan yang susah banget mengucapkan "maaf", pasti rasanya menyebalkan sekali. Bahkan, bukan tak mungkin kebiasaannya ini berujung pada pertengkaran. 

Nah, kamu pasti bertanya-tanya, kenapa sih pria susah banget untuk minta maaf? Padahal hanya dengan minta maaf, masalah yang kalian hadapi mungkin bisa selesai dan yang pasti, kamu bebas stres.

Tidak merasa salah

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Waterloo, Ontario menemukan bahwa pria sebenarnya bukan malas minta maaf. Namun, mereka cenderung memilih hal apa saja yang layak akan permintaan maaf dan mana yang tidak.

Berfikir secara logika

Jika umumnya kita mengandalkan emosi dan perasaan sehingga sangat mudah mengutarakan permohonan maaf, tak begitu dengan pria. Pada dasarnya, mereka memikirkan semua hal berdasarkan logika. Jadi, jika mereka merasa dirinya tidak salah, mereka tak akan mau meminta maaf.

Takut dinilai lemah

Menurut mediator perceraian Sam Margulies, PH.D, salah satu alasan pria kesulitan mengucapkan kata maaf karena mereka menganggap dengan mengakui kesalahan hanya akan membuat dirinya terlihat lemah. Bahkan, tak sedikit yang memandang kata maaf sebagai penghinaan. 

Ingin menunjukan sikap

Bagi pria, ucapan maaf hanyalah sekadar ucapan. Mereka lebih memilih memperbaiki kesalahannya lewat tindakan atau perubahan sikap yang nyata. Contohnya dengan berusaha tidak melakukan kesalahan yang sama atau meningkatkan mood-mu dengan membelikan hadiah atau membawakan bunga.

Permintaan maaf adalah beban

Dalam proses pertumbuhan, pria "dipaksa" untuk menjadi sosok yang dewasa dan diwajibkan untuk bisa meminta maaf pada kakak atau adiknya. Inilah yang akhirnya menciptakan rasa "beban" pada seorang pria untuk tidak melakukan kesalahan di masa depan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...