5 Aplikasi Meditasi yang Efektif Hilangkan Rasa Cemas
Foto: Unsplash

5 Aplikasi Meditasi yang Efektif Hilangkan Rasa Cemas

Sabtu, 28 Mar 2020 | 15:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kondisi saat ini mengharus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah demi mencegah penyebaran virus corona membuat kita rentan mengalami masalah pada kesehatan mental. Selain itu, informasi simpang siur yang sering kita temui di media sosial dapat menyebabkan kita stress, gelisah, hingga depresi.

Oleh karena itu, agar rasa cemas yang kerap kita alami saat menerima terlalu banyak informasi tentang virus ini bisa hilang, kita bisa menginstall beberapa aplikasi meditasi di bawah ini. Dilansir dari Cosmopolitan, berikut ini beberapa aplikasi meditasi yang efektif untuk menghilangkan rasa cemas.

Headspace

Aplikasi ini menawarkan ratusan track panduan meditasi yang dapat memberitahu kita apa yang harus dilakukan selama meditasi. Terdapat tiga paket 10 hari meditasi yang membantu pengguna memelajari panduan dasar lewat meditasi 3,5 atau 10 menit. Terdapat pula paket 10 sampai 30 meditasi yang telah direkam dalam topic spesifik, seperti mengelola kegelisahan, produktivitas, hingga mindful eating yang berdurasi antara 10 sampai 15 menit.

Selain itu, ada juga sesi satuan untuk beragam situasi, seperti meningkatkan kualitas tidur, bersih-bersih tempat tinggal. Bahkan sesi mini 1 menit untuk berbagai pemikiran seperti “panicking” atau “flustered”, dan ada video animasi yang membantu untuk menemukan masalah jika seluruh meditasi ini tak berefek.

Stop, Breathe, & Think

Saat membuka aplikasi ini, kita akan menemukan proses ‘check-in’ terlebih dahulu terhadap kondisi fisik, mental, dan emosi. Sebelum mengurasi seleksi track audio dengan variasi tema, seperti “Relax, Ground, and Clear” atau “Gratitude”. Sesi yang ada dalam aplikasi ini pun beragam, antara 2 hingga 15 menit.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...