5 Bahan Alami untuk Hapus Riasan Wajah

5 Bahan Alami untuk Hapus Riasan Wajah

Riasan biasanya dapat dihapus dengan menggunakan cairan khusus atau tisu basah yang mudah diperoleh di pasaran. Akan tetapi, beberapa jenis riasan tertentu terkadang sangat sulit dihapus lantaran begitu kuat merekat pada kulit. Nah, salah satu solusinya, Anda bisa coba menghapus riasan yang rekat menempel tersebut dengan menggunakan bahan-bahan alami di dapur seperti dilansir situs stylecaster berikut ini:

1. Alpukat: untuk menghilangkan riasan mata

Minyak alpukat merupakan bahan yang lazim digunakan dalam cairan penghapus riasan berbahan alami. Namun, Anda bisa memanfaatkan buah alpukat untuk menghilangkan riasan mata yang sulit dihapus. Ambilah sebatang cotton bud dan usapkan secara lembut ke daging buah alpukat untuk memperoleh minyaknya. Minyak ini akan membantu menghapus maskara, eyeliner, atau pemulas mata yang cukup rekat.

Selain itu, vitamin E yang terkandung di dalam alpukat juga dapat membantu merawat area sekitar mata. Selain membersihkan secara menyeluruh, minyak alpukat juga tidak menyumbat pori-pori, sehingga baik untuk Anda yang memiliki kulit sensitif maupun rawan berjerawat.

2. Minyak kelapa: untuk kulit kering

Anda yang memiliki jenis kulit kering dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk menghapus riasan sekaligus melembapkan kulit. Ambil sedikit minyak kelapa dan biarkan panas tubuh pada tangan secara alami melelehkan minyak kelapa hingga cair. Kemudian, usapkan ke seluruh wajah dan bersihkan dengan kapas atau tisu.

Meski demikian, minyak kelapa cenderung komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki masalah kulit atau mudah berjerawat sebaiknya tidak menggunakan minyak kelapa.

3. Susu: untuk membersihkan wajah

Susu juga ternyata mampu membersihkan riasan wajah Anda. Caranya, rendam sejenak kapas ke dalam segelas susu lalu usapkan secara lembut ke seluruh bagian wajah dan kelopak mata. Tidak hanya ampuh menghapus riasan dan menyegarkan kulit, asam laktik pada susu juga mampu membersihkan kulit. Untuk kulit berminyak, gunakan susu skim. Adapun Anda yang berkulit kering, gunakan susu murni. Pastikan Anda membilas wajah setelah itu dengan air dingin.

4. Mentimun: untuk menyegarkan wajah

Produk penghapus riasan yang mengandung mentimun tengah digemari di dunia kecantikan. Alasannya, mentimun mengandung bahan-bahan anti luka dan menyerap minyak yang tepat digunakan sebagai penyegar setelah dilakukan pembersihan. Cincang mentimun dan campurkan ke dalam air dingin. Kemudian, aplikasikan air mentimun tersebut dengan kapas dan usap ke seluruh bagian wajah. Mentimun mampu menghilangkan sisa riasan, kotoran, dan minyak.

5. Pisang: untuk masker pelembap

Apabila Anda senang melembapkan wajah sambil juga membersihkan, maka gunakanlah pisang. Hancurkan pisang hingga berbentuk pasta sebelum diaplikasikan ke wajah layaknya masker. Diamkan selama lima menit sementara enzim yang terkandung pada pisang membersihkan wajah dari riasan, minyak, dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Bilas dengan handuk yang telah direndam air hangat.