5 Bahaya Dibalik Nikmatnya Es Teh Manis
Foto: Ilustrasi

5 Bahaya Dibalik Nikmatnya Es Teh Manis

Selasa, 28 Mei 2019 | 20:20 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com - Es teh manis menjadi minuman yang paling sering dikonsumsi masyarakat indonesia. Namun nyatanya, baik es teh atau teh hangat yang biasa dijadikan minuman pertama untuk membatalkan puasa ternyata menyimpan bahaya bagi tubuh.

1. Memberikan efek lemas

image0

Kadar gula darah yang meningkat secara drastis dalam tubuh saat meminum es teh manis nyatanya juga dapat menurun secara drastis tanpa diketahui. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas dan tidak segar.

2. Mudah dehidrasi

image1

Tak hanya kandungan gula, es teh manis ternyata merupakan minuman yang kaya akan kandungan kafein. Untuk itu, ketika langsung meminum es teh manis ketika berbuka justru akan menyebabkan tubuh rentan terkena dehidrasi atau kekurangan cairan.

3. Meningkatkan kadar gula darah

image2

Rasa manis yang ada di dalam es teh pada dasarnya merupakan kandungan gula sukrosa yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu kenaikan gula darah dengan cepat. Oleh karena itu, sebaiknya minum air mineral terlebih dahulu untuk membatalkan puasa baru kemudian dilanjutkan dengan asupan manis.

4. Mudah mengantuk

image3

Fluktuasi kadar gula darah yang tidak jelas juga akan memengaruhi kinerja tubuh lainnya. Salah satunya adalah hormon pada otak yang memicu rasa kantuk. Jadi, selain rasa kantuk yang timbul akibat kekenyangan saat menyantap sajian berbuka, kamu juga bisa mengantuk akibat minum es teh manis yang berlebihan.

5. Memicu nyeri lambung

image4

Saat menahan puasa selama seharian, memang banyak yang membutuhkan asupan minuman yang manis saat berbuka puasa, namun, mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa akan lebih lama terserap oleh lambung. Hal ini karena lambung membutuhkan proses penyesuaian suhu untuk dapat mengusir rasa haus dan menggantikan cairan tubuh.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...