Skip to main content

5 Bangunan Bersejarah yang Bisa Anda Kunjungi di Jakarta!

5 Bangunan Bersejarah yang Bisa Anda Kunjungi di Jakarta

WinNetNews.com - Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia memiliki ribuan sejarah yang tidak pernah ada habisnya untuk dibahas. Tidak hanya sebagai pusat ekonomi, Jakarta juga sudah mulai di sorot oleh wisatawan mancanegara. Mereka takjub dengan keberadaan kota tua yang masih berdiri gagah hingga kini.

Lalu bangunan bersejarah apa saja yang menjadi peninggalan jaman Belanda?

1. Museum Fatahilah, Jakarta Utara

image0

Ya! Museum yang satu ini sudah pasti Anda tahu. Bangunannya yang megah ditambah dengan seluruh ruangan tahanan yang masih lestari membuat penasaran pengunjung yang datang ke sana. Berfoto dan melihat - lihat apa saja isi museum menjadi kegiatan yang sering Anda lihat. Yang paling menarik perhatian di museum ini adalah penjara bawah tanah yang masih lengkap dengan sel besi dan borgol bersambung dengan bola besi.

2. Museum Bahari, VOC

image1

Mungkin Anda belum banyak mengetahui museum bersejarah ini. Jaman dahulu museum ini digunakan sebagai gudang kapal - kapal dari berbagai daerah. Jika Anda mengunjungi museum ini, maka Anda akan melihat sebuah bangunan yang tinggi, fungsinya satu, untuk memantau keadaan kapal yang berlabuh di dekat Sunda Kelapa.

3. Monas ( Monumen Nasional)

image2

Siapa yang tidak tahu monumen tinggi ini. Monas yang selalu dikunjungi oleh ribuan pengunjung ini memiliki sejarah yang berharga. Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala.

4. Gudang VOC di Sunda Kelapa

image3

Masih dekat dengan Museum Bahari, Gudang VOC juga memiliki sejarah yang sangat panjang. Bangunan yang pernah digunakan sebagai kantor pusat kegiatan perusahaan dagang Hindia Belanda, VOC ini diperkirakan dibangun pada tahun 1628. Dulunya, galangan kapal ini dijadikan tempat menyimpan dan memperbaiki kapal-kapal besar yang akan berlayar ke perairan terbuka selama berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Selain kapal besar, terdapat pula kapal-kapal kecil yang dibuat di sini. Dahulu galangan kapal VOC ini menjadi suatu bandar terpenting di Asia dan pendukung bagi jaringan niaga sedunia yang menggunakan kapal layar.

5. Monumen Proklamator

image4

Monumen yang berada di Jl. Pegangsaan Timur no.56 Jakarta Pusat memperlihatkan Ir.Sukarno yang sedang membaca naskah proklamasi dan diseberangnya patung Drs. Mohammad Hatta. Diantara keduanya ada sebuah batu marmer yang berupa piagam peresmian monumen proklamator oleh Bapak Soeharto presiden ke-2 bangsa Indonesia dalam marmer putih.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top