5 Benda di Kantor Ini Ternyata Jadi Sarang Kuman

Cindy
Cindy

5 Benda di Kantor Ini Ternyata Jadi Sarang Kuman Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Kantor adalah tempat dimana semua orang bekerja. Di kantor kamu juga sering bertemu orang baru. 


Dari sekian banyak orang yang lalu lalang di kantormu, mungkin ada beberapa orang yang membawa kuman, bakteri, atau virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Dikutip dari Time, tempat atau benda yang banyak dilalui atau disentuh orang adalah objek-objek yang menjadi berkumpulnya kuman paling banyak. 

Dibawah ini ada lima benda di kantor yang paling banyak dihuni  kuman.


1. Gelas Kopi

Sebuah riset dari University of Arizona menjelaskab 20 persen gelas kopi di kantor ternyata mengandung bakteri yang berasal dari kotoran, terutama di pegangan gelas.

“Banyak orang yang memegang gelas kemudian menaruhnya karena tidak perlu,” kata riset tersebut.

2. Telepon

Sebuah riset yang dipublikasikan di jurnal GERMS menunjukkan bahwa telepon genggam pribadi ternyata dipenuhi oleh bakteri yang dapat membawa penyakit seperti Streptococcus, MRSA dan E. Coli. Apalagi telepon yang dipakai bersama-sama seperti telepon di ruang rapat kantor.

3. Keyboard

Keyboard pada umumnya tidak dipakai secara bersama-sama, tapi keyboard bisa menjadi sarang bakteri. 

Penelitian  di The American Journal of Microbiology melakukan pemeriksaan terhadap 250 keyboard dan hasilnya semua keyboard ini ternyata mengandung bakteri. 


4. Gagang Pintu

Gagang pintu adalah salah satu sumber kontaminasi kuman. Ia menuturkan, gagang pintung yang terbuat dari metal seperti tembaga, seng, atau nikel yang tidak dicat bisa menjadi tempat hidup dari mikroba. 

5. Tombol Lift 

Hasil sebuah riset yang dipublikasikan di jurnal Open Medicine menunjukkan bahwa 61 persen tombol eskalator terkontaminasi bakteri, lebih besar dari toilet yang 43 persennya terkontaminasi.

Philip Tierno, kepala mikrobiologi dan imunologi di New York University Langone Medical Center mengatakan, selain karena sering disentuh, pegangan eskalator biasanya berbahan karet dan lebih mudah dihinggapi kuman.

Apa Reaksi Kamu?