5 Boygroup K-Pop yang Memiliki Fandom Terbesar, Tak Ada Nama BIGBANG!

Nisa Diniah
Nisa Diniah

5 Boygroup K-Pop yang Memiliki Fandom Terbesar, Tak Ada Nama BIGBANG! Foto: Pinterest

Winnetnews.com -  Industri musik K-Pop semakin berkembang dan menjadi salah satu genre musik paling populer di seluruh dunia. Sejumlah grup K-Pop pun telah mencetak prestasi yang tak hanya membuat nama mereka dikenal tetapi juga mendapat julukan legenda. Ada banyak alasan sebuah grup K-Pop bisa meraih popularitas besar, salah satunya adalah fandom yang besar dan loyal. Fandom adalah kelompok penggemar yang sangat penting bagi sebuah grup K-Pop.

Baru-baru ini, sebuah postingan yang dipublikasikan di situs TheQoo ramai diperbincangkan netizen tentang siapa saja boygrup K-Pop dengan fandom terbesar. Menurut postingan tersebut, ada 5 boygroup yang memiliki fandom paling besar. Siapa saja? 

1. H.O.T (Club H.O.T.)

H.O.T adalah grup K-Pop yang aktif di era akhir 90-an hingga awal 2000-an. H.O.T menjadi idola hampir semua remaja di seluruh negeri saat itu yang menyebut diri mereka Club H.O.T atau White Angels.

2. g.o.d (Fan God)

g.o.d memulai debut pada tahun 1999 dan menjadi grup K-Pop populer pada awal 2000-an. Mereka telah menggelar 100 konser nasional pada tahun 2003 yang menunjukkan seberapa besar fandom mereka.

3. TVXQ (Cassiopeia)

TVXQ adalah grup K-Pop generasi kedua yang masih aktif hingga saat ini. Grup yang digawangi Yunho dan Changmin ini telah membuktikan bahwa mereka memiliki fandom terbesar dari idol K-Pop generasi kedua. Semua orang tahu betapa hebatnya fandom TVXQ khususnya di Jepang.

4. EXO (EXO-L)

EXO dikenal sebagai salah satu grup K-Pop yang memiliki fandom terbesar dari generasi ketiga K-Pop. Mereka juga telah menghidupkan kembali pasar musik Korea. 

5. BTS (ARMY)

Selain EXO, BTS juga memiliki fandom terbesar di antara grup K-Pop generasi ketiga. Mereka telah membuktikan besarnya fandom mereka, ARMY, melalui tur konser seluruh dunia yang digelar di stadion.

Postingan ini pun menarik perhatian netizen. Beberapa dari mereka memperdebatkan layak atau tidaknya BIGBANG masuk dalam daftar karena meskipun mereka memiliki lagu-lagu hit dan fandom BIGBANG besar, tetapi itu dinilai masih belum cukup. 

"Fandom BIGBANG tidak lebih besar dari TVXQ dan BTS, tapi aku pikir itu lebih besar dari EXO dan god," kata salah seorang netter.

"Tentu saja, fandom BIGBANG lebih besar dari grup K-Pop pada umumnua, tetapi mereka tidak pernah sebesar grup K-Pop yang ada di daftar ini," tutur netter lainnya.

"Konser BIGBANG sebagian besar adalah fandom individu + non penggemar daripada fandom BIGBANG," seru netter lainnya.

"Fandom BIGBANG yang lebih besar dari g.o.d??? Fandom g.o.d jauh lebih besar," sahut netter lain.

"Masyarakat menyukai lagu-lagu BIGBANG tetapi BIGBANG tidak pernah memiliki fandom terbesar. TVXQ, EXO, dan BTS memiliki fandom yang lebih besar daripada BIGBANG," komentar netter lain.

"Faktanya, BTS memiliki fandom terbesar," tambah netter lain.

"Fandom BIGBANG bukan fandom besar, tetapi publik menyukai lagu mereka," sambung netter lain.

Apa Reaksi Kamu?