5 Cara Efektif Atasi Rasa Iri Terhadap Kesuksesan Orang Lain
Foto: Forbes

5 Cara Efektif Atasi Rasa Iri Terhadap Kesuksesan Orang Lain

Jumat, 8 Mei 2020 | 16:25 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Cemburu atau iri merupakan kumpulan dari rasa tidak percaya diri, takut dan khawatir dengan kekurangannya. Kemarahan, kebencian, dan ketidakberdaayaan adalah sebagian emosi  yang dialami seseorang ketika mereka cemburu terhadap yang lain.

Perasaan ini adalah sesuatu yang normal dialami oleh seorang manusia. Bahkan rasa cemburu sudah muncul ketika kita masih berusia 5 bulan.

Dilansir dari Pink Villa, beberapa penelitian mengatakan kecemburuan terlihat di semua budaya, sementara yang lain juga mengatakan itu adalah emosi yang spesifik. Sejumlah seniman pun pernah menguraikan rasa ini dalam karya fotografi, lukisan, lagu, puisi, dan lainnya.

Seseorang biasanya merasa termotivasi untuk melakukan sesuatu lebih baik, setelah mereka merasa cemburu. Namun, sebagian yang lainnya cenderung iri pada orang lain dan mereka tidak tahan dengan kesuksesan orang tersebut.

Ini bisa berdampak buruk bagi ketenangan mental dan kita harus segara menyingkirkannya agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Tetapi seringkali menjadi sulit untuk menangkal perasaan dari pikiran kita. Oleh karena itu, kita bisa mencoba beberapa cara ini untuk menghentikan rasa iri pada orang lain.

Menerimanya

Rasa iri atau cemburu adalah sesuatu yang normal dan alami, jadi kita harus segera menghilangkannya. Namun jika tidak bisa, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menerimanya. Cobalah menemukan akar dari penyebab rasa iri tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...