5 Cara Mengendalikan Cemburu Dalam Berhubungan
Sumber foto:Unsplash

5 Cara Mengendalikan Cemburu Dalam Berhubungan

Rabu, 12 Agt 2020 | 19:34 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com -  Kamu tentunya tidak memiliki alasan nyata untuk mempertanyakan kesetiaan pasangan kamu, tetapi kamu juga seakan tidak bisa menahan api cemburu setiap kali kamu melihat dia mengobrol dengan teman lawan jenis. 

Jika kamu adalah seseorang yang mudah cemburu terhadap pasangan dan ingin mengubah kebiasaan buruk itu, berikut ini beberapa tips untuk mengurangi rasa cemburu terhadap pasanganmu.

Pertimbangkan ketakutanmu

Di balik rasa cemburu ada ketakutan yang selalu menghantui dirimu sendiri. Itu bisa muncul ketika kamu mencoba membandingkan dirimu dengan orang lain. Seorang psikolog klinis Paul Greene, Ph.D., memberitahu bahwa kecemburuan kerap didasarkan pada ketakutan akan penolakan.

Kembangkan harapan yang realistis

Sangat lazim untuk menemukan orang lain yang lebih menarik pada suatu waktu, meskipun terdengar sungguh menyebalkan. Apalagi jika pasanganmu bersikap menjengkelkan atau secara terbuka menggoda orang lain. Menurut Chavez, penting untuk mengembangkan ekspektasi realistis dalam hubungan dan ingatlah bahwa kamu tidak dapat mengontrol perilaku orang lain. 

Selalu bersyukur

Mempelajari penghargaan dan rasa syukur atas apa yang kamu miliki akan membantumu fokus pada hal-hal positif dalam hubungan.

Seperti yang dikatakan John Kenny, pakar hubungan, pikirkan tentang apa yang telah dilakukan oleh pasangan, jangan pikirkan apa yang tidak dia lakukan. Pikirkan kembali setiap kehadirannya untukmu, bukan ketika dia tidak ada. 

Tulis apa yang sedang kamu rasakan

Menulis adalah cara yang tepat untuk melampiaskan ketidakamanan dan frustasi terkait dengan kecemburuan. 

Pakar hubungan, Nina Rubin, menyarankan untuk merefleksikan hubungan kamu dan bertanya pada diri sendiri seperti, apakah pasanganmu benar-benar orang yang tepat untuk kamu?

 Apakah dia melakukan sesuatu yang terbukti mengkhianatimu? “Jika tidak, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu perlu melihat cara kamu berada pada suatu hubungan. 

Pertimbangkan kepercayaan kalian berdua

Menurut Shannon Chavez, psikolog berlisensi dan pakar keintiman, kecemburuan dalam suatu hubungan dapat membantu memunculkan masalah mendasar ke permukaan. Misalnya, jika kamu masih berkutat pada masa lalu, hal itu mungkin akan terlihat dari cara kamu berperilaku dalam hubungan saat ini. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...