5 Cara Menghadapi Teman yang Sok Pintar

Cindy Cesilia

Dipublikasikan 10 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

5 Cara Menghadapi Teman yang Sok Pintar
Foto:Pexels
Winnetnews.com -  Memiliki teman yang sok pintar memang menjengkelkan. Sikapnya yang selolah-olah tahu tentang banyak hal, sehingga dia sangat haus akan pujian dan tidak mau dianggap salah. Karakter seperti ini akan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, entah dalam lingkungan pertemanan atau bahkan keluarga.
 

Dengarkan dia

Kenyataannya, orang yang sok pintar memang cenderung haus akan perhatian. Mungkin saja, dia berlagak seperti itu karena dalam lingkungan pertemanan atau keluarganya kurang mendapatkan atensi secara baik. Alhasil, dia pun mencari perhatian kepada orang lain.
 

Jangan mudah terpengaruh

Ketika mendengarkan setiap perkataan yang dia ucapkan, jangan heran bisa membuatmu terkesima dengannya. Sebab, dia baru saja menyampaikan informasi yang belum kamu ketahui sebelumnya. Sehingga, kamu akan melihat dia sebagai sosok yang pintar. 
 

Jangan pake emosi

Kenyataannya, kalau sudah berhadapan dengan orang yang sok pintar bikin kamu pusing dan jengkel. Namun, untuk menghadapinya justru kamu perlu tetap tenang, ya. Kamu harus bisa mengendalikan emosimu, maksudnya tidak perlu melawan argumennya dengan amarah.
 

Cari tahu kelemahannya

Kalau kamu ingin mengetahui apakah dia sosok yang benar-benar pintar atau bukan, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui kelemahannya. Maksudnya, kamu mengajaknya untuk berdiskusi dengan memberikan pertanyaan jebakan. Sebab, orang yang sok pintar sebenarnya tidak mengerti apa-apa.
 

Bersikap tegas

Meskipun cara-cara di atas tidak membuatnya jera, maka harus ada sikap tegas darimu untuk menghadapi orang yang sok pintar. Maka, tidak perlu ada yang ditutup-tutupi dan ungkapkan saja bahwa kamu sebenarnya tidak menyukai tingkah lakunya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...