5 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Virus Corona
Ilustrasi, Unsplash

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Virus Corona

Minggu, 22 Mar 2020 | 15:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Pandemik virus corona membuat pemerintah meminta agar masyarakat untuk lebih banyak melakukan aktivitas di rumah dan menghindari kerumuman atau social distancing. Tanpa kita sadari, hal ini tentu saja bisa memengaruhi kesehatan mental kita.

Claire Dale dan Patricia Peyton, ahli kesehatan dan penulis buku, membahas hal tersebut dalam tulisannya yang berjudul ‘Physical Intelligence’. Menurut Claire, manusia memiliki bias negatif yang berarti kita melihat ancaman meskipun tidak ada dan tentunya ketika ada.

“Sekarang, banyak dari kita mengalami respon ancaman. Jika kita terus-menerus ‘melayaninya’, kita memasuki keadaan panic yang berkelanjutan, di mana kelenjar adrenal kita terus memproduksi ‘ancaman kimiawi’: kortisol dan adrenalin, sehingga mempersulit peningkatan ‘rasa baik kimiawi’: serotonin (kebahagian), oksitosin (kepemilikan), dan dopamine (penghargaan,” jelas Claire dikutip dari Cosmopolitan.

Dia juga menyebutkan bahwa hal ini dapat terjadi saat kita mengisolasi diri, termasuk social distancing.

Dilansir dari Kompas.com, Deborah Serani, selaku psikolog dan penulis buku ‘Sometimes When I’m Sad’ mengatakan bahwa kita harus berfokus pada kesiapsiagaan, tetap tenang, menyempatkan diri memeriksa kesejahteraan ornag lain, serta melakukan perawatan diri akan membantu melalui momen seperti ini.

“Ingatkan diir kita bahwa Covid-19 adalah penyakit serius tetapi sementara, dan kehidupan akan kembali normal pada waktunya,”ujar Deborah Serani.

Berikut ini, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemic virus corona.

Melakukan recovery breathing

Latihan pernapasan secara teratur setidaknya 10 menit dalam sehari untuk menjaga tingkat kortisol. Hitungan menarik dan mengeluarkan napas tidak perlu sama. Contohnya, kita bisa menarik napas selama lima detik, kemudian hembuskan selama tujuh detik ataupun sebaliknya. Cara ini sungguh sangat efektif untuk menangkan diri kita saat sedang merasa panik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...