5 Cara Mudah Jaga Kekebalan Tubuh Selama di Rumah
Foto: Pexels/Andrea Piaqcuadio

5 Cara Mudah Jaga Kekebalan Tubuh Selama di Rumah

Rabu, 18 Nov 2020 | 18:27 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Pandemi virus corona yang sedang terjadi saat ini, membuat kebanyakan orang harus menghabiskan waktu mereka untuk tetap tinggal di rumah agar terhindar dari infeksi virus. Meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, kita juga tetap perlu menjaga daya tahan tubuh, agar selalu sehat.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di antaranya seperti mengonsumsi makanan sehat, olahraga, hingga menjaga kualitas tidur. Berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas agar terhindar dari penyakit.

Cukup tidur

Walaupun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, bukan berarti kita bisa sering begadang hanya untuk menonton film atau serial televisi. Felice Gersh, MD, dokter obgyn dan pendiri Intergrative Medical Group of Irvine menyarankan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Waktu tidur yang konsisten dapat membuat sistem kekebalan kita beregenerasi, sel melakukan perbaikan kritis, dan menyembuhkan luka.

Melakukan meditasi

Maggie Luther, ND, seorang direktur medis untuk Care/Of mengatakan kalau meditasi tidak hanya membantu melawan depresi, tapi juag dapat menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan meditasi membantu mengatur protein kekebalan yang beredar, khususnya yang berhubungan dengan peradangan. Sehingga dapat mengurangi nyeri di dalam tubuh.

Minum multivitamin

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, ahli otolaringologi, Shawn Nasseri, MD menyarankan kita untuk mengonsumsi multivitamin yang kaya nutrisi. Konsumsi multivitamin ini penting untuk dikonsumsi, terutama saat sedang stres.

Olahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan respon tubuh terhadap antigen bakteri dan virus, serta menunda penuaan imunologis. Kita bisa melakukan olahraga ringan seperti berjongkok atau jalan kaki sebanyak tiga kali seminggu.

Membersihkan hidung

Agar imunitas tubuh tetap terjaga, kita bisa membersihkan hidung dengan menggunakan larutan garam. Cara ini mampu mengurangi bakteri, virus, dan debu di rongga hidung. Meskipun akan terasa tidak nyaman di awal, namun membersihkan hidung efektif untuk membuat diri kita terhindar dari virus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...