5 Cara Sederhana Mengatasi Masalah Tidur di Malam Hari
Foto: Pexels/Ivan Samkov

5 Cara Sederhana Mengatasi Masalah Tidur di Malam Hari

Kamis, 15 Apr 2021 | 17:10 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Masalah tidur dialami oleh banyak orang di dunia. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, pola makan yang buruk, gaya hidup yang tidak sehat, hingga kurang olahraga.

Gaya hidup yang tidak baik itu, kemudian menyebabkan pola tidur mengalami perubahan dan kamu akan menjadi sulit untuk tidur. Jika kondisi ini terus-menerus terjadi, maka dapat menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia.

Oleh karena itu, lebih baik segera atasi masalah sulit tidur dengan beberapa cara di bawah ini, seperti dikutip dari PinkVilla.

Kontrol pola tidur

Jika kamu menginginkan pola tidur kamu normal kembali dan tidak terlalu sering begadang, maka hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengontrolnya. Kontrol pola tidur yang sehat dan usahakan untuk dilakukan setiap hari.

Kurangi konsumsi kafein

Jika kamu sering minum kopi untuk membuat tetap fokus di siang hari, kamu bisa mencoba untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein. Selain kopi, teh juga mengandung kafein yang bisa membuat kamu tetap terjaga semalaman.

Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur dalam waktu yang lama pada jam-jam yang tidak biasa, membuat kamu lebih sulit untuk tertidur dan tidur nyenyak di malam hari. Jadi, kurangi waktu tidur siang mu, dengan maksimal tidur selama 30 menit.

Jangan malas olahraga

Supaya bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, jangan lewatkan jadwal berolahraga. Olahraga setiap hari tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, tapi juga bisa membuat kamu lebih mudah tertidur.

Buat kamar terasa nyaman

Buat kamar kamu terasa nyaman, menenangkan, dan rileks. Matikan semua lampu yang ada di kamar dan pastikan tempat tidur bersih, serta tidak berantakan. Kamu juga bisa meletakkan oil-diffuser di kamar, agar wangi dan menyenangkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...