5 Cara Tepat Hilangkan Beruntusan di Dahi
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

5 Cara Tepat Hilangkan Beruntusan di Dahi

Rabu, 16 Sep 2020 | 15:18 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Beruntusan atau benjolan-benjolan kecil yang terdapat di dahi, menjadi salah satu masalah pada kulit wajah selain jerawat. Beruntusan diketahui timbul karena sel kulit mati yang menumpuk, produksi minyak berlebih, hingga kotoran yang terperangkap di pori-pori.

Kemunculan beruntusan ini juga dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Namun jangan khawatir, karena sebenarnya kita bisa menghilangkan beruntusan dengan rutin melakukan beberapa hal di bawah ini. Yuk, simak!

Lakukan double cleansing

Sel kulit mati yang menumpuk dan produksi minyak berlebih, serta kotoran yang menyumbat pori-pori menjadi faktor utama beruntusan terjadi. Oleh karena itu, pastikan kita selalu melakukan double cleansing setiap harinya. Gunakan produk pembersih wajah yang tidak mengandung wewangian dan alkohol, agar terhindar dari iritasi.

Eksfoliasi

Agar kulit wajah tidak mengalami iritasi, kita bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan produk yang lembut, seperti chemical exfoliate yang berbentuk toner dan mempunyai kandungan AHA/BHA. Perlu diingat, supaya tidak bertambah parah, sebaiknya eksfoliasi dilakukan ketika beruntusan sudah tidak meradang.

Selalu pakai pelembap

pelembap
Foto: Pexels/Burst

Pelembap dibutuhkan oleh kulit agar tidak kering dan tetap bisa mengontrol produksi minyak. Pakai pelembap yang mempunyai bahan dasar air atau gel, serta terdapat label non-comedogenic. Hal ini dilakukan agar kandungan pelembap dapat bekerja secara maksimal dan pori-pori wajah tidak tersumbat.

Rajin pakai sunscreen

Selain pelembap, setiap harinya kita juga harus rutin menggunakan sunscreen. Paparan sinar UV A dan UV B dpaat menyebabkan munculnya beruntusan. Dengan memakai sunscreen, kulit wajah pun terlindungi dari pancaran sinar UV.

Konsumsi makanan sehat

Kulit yang sehat dan lembut, bisa kita dapatkan juga dari makanan sehat yang kita konsumsi. Makanan dengan kandungan gula atau minyak yang tinggi, bisa memicu produksi insulin dan minyak berlebih di tubuh, yang kemudian menimbulkan beruntusan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...