5 Efek yang Akan Kamu Rasakan Kalau Kurang Tidur
Foto: Istimewa

5 Efek yang Akan Kamu Rasakan Kalau Kurang Tidur

Rabu, 8 Mar 2017 | 15:22 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kurang cukup tidur akan membuat kamu kurang bersemangat. Kebanyakan orang tahu tidur yang buruk tidak hanya memengaruhi tingkat energi dan motivasi, tetapi juga memengaruhi kesehatan kamu, dan kamu tidak menyadari itu. Kurang tidur juga merupakan masalah umum yang dialami oleh lebih dari sepertiga orang dewasa Amerika, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Ada beberapa aktivitas atau pikiran yang membuat kamu sulit tidur. Sehingga akan mengganggu aktivitasmu keesokan harinya. Kamu perlu melakukan sesuatu agar kamu memliki waktu untuk tidur. Seperti dikutip dari Medical Daily , inilah 5 efek yang akan kamu rasakan kalau kamu kurang tidur:

1. Penyakit kronis

kurang tidur kronis telah dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi dari diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, dan depresi, CDC melaporkan.

2. Hormon selalu lapar

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan nafsu makan yang berlebihan, dalam kaitannya dengan seberapa lapar kamu ketika kamu cukup istirahat. Selain itu, kenaikan tingkat obesitas bertepatan dengan penurunan kebiasaan tidur.

3. Kinerja kognitif

Kurang tidur dapat memengaruhi kinerja kamu selama tugas biasa seperti mengemudi dan mengoperasikan mesin. Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan jangka pendek dan memori jangka panjang, fokus, kapasitas pengambilan keputusan, pengolahan matematika, kecepatan kognitif, dan orientasi spasial, negara Harvard Business Review.

4. Imunitas

Kurangnya tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Penelitian menunjukkan tidur dan istirahatkan tubuh kamu, yang dikenal sebagai sistem sirkadian, mengatur sistem kekebalan tubuh kamu.

5. Penampilan

Cukup tidur dapat membuat kamu terlihat lebih menarik bagi orang lain, menurut salah satu penelitian yang diterbitkan dalam The BMJ. Penelitian mereka menemukan orang-orang yang kurang tidur dianggap kurang sehat, kurang menarik dan lebih lelah, dibandingkan dengan ketika mereka beristirahat dengan baik.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...