5 Gejala Penyakit Tiroid yang Sering Disepelekan
Foto: Hello Sehat

5 Gejala Penyakit Tiroid yang Sering Disepelekan

Sabtu, 8 Feb 2020 | 16:20 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Tiroid adalah kelenjar yang berada di bagian depan leher dan di bawah laring (kotak suara). Tiroid memiliki warna merah kecoklatan dan kaya dengan pembuluh saraf. Kelenjar ini sangat penting fungsinya untuk kualitas suara.

Tiroid mengeluarkan hormon secara kolektif dan biasa disebut dengan hormon tiroid. Hormon tiroid mengatur metabolisme, serta cara tubuh menggunakan energy. Jika kadar tiroksin rendah, maka fungsi tubuh akan melambat.

Gangguan yang umumnya terjadi di tiroid terdiri dari beberpaa penyakit, seperti Hashimoto, Graves, Gondok, dan Nodul Tiroid. Penyakit tersebut biasanya muncul dengan beberapa gejala. Namun terkadang kita memilih untuk mengabaikannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa gejala penyakit tiroid yang tidak boleh disepelekan.

Merasa kelelahan

Merasa lelah dan tidak memiliki energy yang cukup untuk melakukan aktivitas adalah salah satu tanda hipotiroidsme. Kondisi tersebut adalah kelainan yang disebabkan oleh terlalu sedikit hormon tiroid. Jika sering merasa lelah di pagi hari atau sepanjang hari, itu bisa jadi petunjuk kalau tiroid mungkin kurang aktif.

Masalah pencernaan

Penderita hipotiroidsme terkadang mengeluh mengalami sembelit. Gangguan pencernaan bisa saja terjadi karena adanya masalah dalam produksi hormone. Di sisi lain spectrum, kelenjar tiroid atau hipertiroidsme yang terlalu aktif dapat menyebabkan diaere atau pergerakan usus yang lebih sering.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...