5 Gerakan Olahraga Kecil dalam Mobil Agar Tak Pegal Saat Berpergian Jauh

Rani
Rani

5 Gerakan Olahraga Kecil dalam Mobil Agar Tak Pegal Saat Berpergian Jauh ilustrasi menggunakan mobil /foto: istimewa

WinNetNews.com - Melakukan perjalanan panjang, khususnya yang menggunakan transportasi darat seperti mobil, tentunya sangat melelahkan.

Saat kita tidak bergerak dalam waktu lama dan posisinya lebih banyak menekuk seperti duduk dibandingkan terlentang, maka aliran darah tidak akan mengalir secara efektif. Pasalnya hal ini menimbulkan hal-hal seperti kesemutan, keram, sendi-sendi nyeri dan pegal pada bagian leher dan punggung.

Akan tetapi, ada beberapa jenis gerakan olahraga yang bisa dilakukan di dalam mobil dan hal ini sangat efektif mengurangi kecenderungan mengalami pegal otot dan nyeri pada sendi akibat perjalanan jauh.

Berikut lima gerakan olahraga tersebut versi Purewow:

1. Gerakan melatih bokong

Duduk tegak, bagian pinggul hingga bokong condongkan ke belakang sampai perut terlihat merata, kemudian kencangkan otot bokong perlahan-lahan dan ulangi gerakan ini selama 50 kali. Ini membantu melancarkan sirkulasi darah.

2. Gerakan melatih perut

Angkat kedua tangan dengan jemarinya menyentuh bagian atap mobil, kemudian tarik napas yang dalam sekaligus kencangkan otot-otot bagian perut dengan menahan napas selama 15 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-6 kali.

3. Gerakan melatih bahu

Letakkan tangan pada setir atau dashboard, kemudian condongkan bahu sebelah kiri ke depan, hitung 10 detik lalu ganti ke yang kiri dan tahan dengan durasi yang sama. Lakukan ini berulang kali dan semakin sering semakin baik.

4. Gerakan melatih paha

Luruskan kedua kali ke depan perlahan-lahan namun dengan tenaga hingga badan seolah menjadi terlentang atau dalam posisi berdiri. Ini ibarat sedang mengulet di mana semua otot diregangkan dan khusus untuk paha, dikencangkan.

5. Meningkatkan denyut jantung

Kepalkan tangan dan lakukan gerakan seperti meninju. Namun jangan lupa, ketika melakukannya, kencangkan juga otot perut. Dengan begini, kamu tetap bisa mendapatkan latihan cardio di dalam mobil dan tubuh pun tetap bugar.

Apa Reaksi Kamu?