5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Mulai Merasa Hidup Hilang Arah

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Mulai Merasa Hidup Hilang Arah Psychology Today

Winnetnews.com - Hidup itu memang suka bikin galau. Apalagi saat kamu mulai beranjak dewasa. Ada pertanyaan-pertanyaan besar yang menghampiri hidup dan itu selalu menuntut jawaban yang nggak semuanya segera kamu temukan. Akhirnya kamu bingung harus bagaimana. Hidupmu mulai kehilangan arah.

Kamu sering banyak kecewa. Baik karena keputusan yang sudah kamu buat sendiri atau karena perasaan: “saya seperti salah tempat” atau “bukan hidup seperti ini yang saya inginkan!”. Kamu kesal dengan dirimu sendiri karena terus-terusan gagal. Padahal kamu sudah berusaha.

Kamu akhirnya mulai mempertanyakan eksistensi dirimu. Inilah sebabnya fase seperti itu disebut dengan istilah existential crisis. Fase ini biasanya mulai intens saat kamu stres, banyak mengalami kekalahan, dan ketidakpuasan dalam pencapaian. Kemudian membangkitkan pertanyaan-pertanyaan hidup yang lebih besar lagi dalam diri kita.

Supaya tidak berlarut-larut, berikut ini 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengusir perasaan galau terhadap hidup yang kamu jalani.

1. Evaluasi makna sukses bagi dirimu pribadi

Otak kita cenderung suka membanding-bandingkan kalau sudah menyangkut pencapaian. Standar sosial seringkali berbenturan dengan pandangan pribadimu akan kata ‘sukses’. Dikutip dari laman Life Hack, kamu mesti bedakan ‘ego-driven’ dengan ‘value-driven’ saat mencapai sebuah goal. Karena ini mempengaruhi bagaimana definisi suksesmu secara personal. Setelah merenungkan makna sukses tersebut, tanyakan apakah kesuksesan tersebut sejalan dengan value yang kamu anut?

2. Bergaul sama orang-orang yang positif

Ini merupakan cara terbaik mengusir beban. Mereka yang mempunyai energi-energi positif akan membantumu melalui hari yang buruk. Biasanya kamu akan dibantu dalam pencarian solusi. Mereka yang punya pandangan yang luas dan lebih bijak bisa sedikit menenangkanmu.

3. ‘Why’

Saat semua yang terjadi terasa seperti benang kusut, mulailah dengan bertanya 'kenapa'? Untuk setiap jawabannya tanyalah lagi kenapa. Terus menjadi pertanyaan berantai why, why, dan why lainnya. Ini untuk membantumu mengenali diri: mengurai apa yang terjadi dan apa yang kamu butuhkan. Kalau permasalahannya sudah dirumuskan, tinggal cari solusinya.

4. Tinggalkan Hal-hal yang menguras energimu

Waktu yang kamu miliki sangat berharga. Gunakanlah dengan bijak. Hindari situasi yang mengarah pada gosip-gosip negatif yang dapat merusak ketenanganmu. Atau segera keluar dari proyek pekerjaan yang gak sesuai dengan value kamu.

5. Luangkan waktu 10 menit untuk ‘mindfullness’

Era informasi yang deras seperti sekarang ini membuat otak kepenuhan informasi tanpa memberikan ruang bagi otak kita untuk mencerna informasi-informasi tersebut. Gunakan skala prioritas dan temukan hobi yang bisa disesuaikan dengan rutinitas harian dan dapat menjauhkanmu sementara dari layar gawai. Kamu bisa lakukan meditasi, menulis jurnal, menggambar, mendengarkan musik, atau berkebun.

Semoga setelah melakukan 5 hal di atas hidup kamu bisa terarah dan bisa membawa kamu pada perspektif baru, pertemanan yang lebih intim dengan orang lain maupun dengan dirimu sendiri. Jadi hidup kamu bebas galau deh!

Apa Reaksi Kamu?