Skip to main content

5 Jajanan gerobak yang banyak dijumpai di Jakarta

5 Jajanan gerobak yang banyak dijumpai di Jakarta
5 Jajanan gerobak yang banyak dijumpai di Jakarta

Kebab

image0

Nah, camilan yang satu ini menyadur makanan asal Timur Tengah. Gerobak kebab dengan berbagai merek juga banyak kita jumpai saat ini.

Isian kebab adalah daging sapi yang dipanggang, tapi ada juga yang menyediakan daging kambing. Ditambah sayuran dan mayones serta saus, kemudian dibungkus dengan roti cane.

Tidak hanya satu, penjual kebab menjual dalam tiga ukuran. Ukuran kecil atau junior, sedang, dan besar. Harga dibanderol Rp5.000 untuk yang kecil, Rp8.000 untuk yang sedang, dan Rp12 ribu untuk yang jumbo.

Cilok

image1

Gerobak cilok kini mudah kita jumpai di perkotaan. Cilok adalah makanan ringan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka. Teksturnya kenyal dan biasanya dinikmati dengan sambal kacang, kecap, saus, dan cabai bubuk. Cara makannya yaitu menusuknya dengan tusuk sate yang dipotong pendek.

Bentuk cilok bulat-bulat seperti bakso. Satu buahnya biasanya dijual Rp500. "Paling banyak pembeli suka selera pedas manis. Cabai bubuknya banyak yang minta ditambahi," ujar Iwan yang berjualan di depan Stasiun Kebayoran.

Roti molen dan pastel panggang

image2

Jerry (30) menjual jajanan roti molen khas Kota kembang. Roti ini berbentuk segitiga ukuran sedang dengan isian pisang cokelat dan pisang keju.

Selain itu, ia menjual pastel panggang. Bentuknya juga segitiga dengan isian bihun dan cacahan telur goreng. Satu potong ia banderol dengan harga Rp5.000. Dalam sehari Jerry mengaku bisa menjual 100 potong.

Dimsum

image3

Dulu untuk menikmati dimsum, kita harus pergi ke restoran khusus yang menjual makanan asal Tiongkok, atau bahkan hanya bisa dinikmati di hotel. Tapi sekarang tidak lagi. Gerobak dimsum mudah kita jumpai di pusat jajanan, bahkan di depan supermarket.

Harganya pun cenderung lebih murah. Satu buahnya ada yang menjual Rp2.500 atau Rp3.000. Dimsum yang dijual di gerobakan pun banyak variasinya. Ada rasa daging sapi, ikan, udang, juga telur puyuh.

Roti bakar

image4

Roti bakar gerobak juga banyak kita jumpai di Jakarta. Kalau dulunya bentuknya kotak, sekarang lebih variatif, yaitu segitiga.

Eman (20), si penjual, memarkirkan gerobak Roti Bakar Ceria-nya di seberang Stasiun Tanah Abang. Ia menjual banyak rasa. Ada roti bakar isi selai cokelat, keju, kacang, blueberry, stroberi, dan nanas. . Per potongnya dihargai Rp2.000.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top