5 Jenis Makanan untuk Cegah Penuaan
Foto: Unsplash/Ruta Celma

5 Jenis Makanan untuk Cegah Penuaan

Jumat, 6 Nov 2020 | 16:42 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen yang ada di dalam tubuh akan melambat dan membuat kulit menjadi mulai berkeriput. Kondisi tersebut menandai penuaan dini yang terjadi pada kulit kita.

Namun, penuaan dini bisa ditunda dengan berbagai cara, seperti melakukan gaya hidup yang sehat. Pola hidup sehat bisa dimulai dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa menunda penuaan.

Buah delima

buah delima
Foto: Pexels/Zvika Smaya

Delima mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang kuat, sehingga buah ini mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Tak hanya itu, buah delima juga mengandung senyawa punicalagin yang bisa membantu mempertahankan tanda penuaan kolagen di kulit.

Alpukat

alpukat
Foto: Unsplash/Kelly Sikkema

Buah yang banyak digemari oleh masyarakat ini, kaya akan kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, alpukat juga mempunyai antioksidan yang dapat mengatur efek penuaan.

Bayam

bayam
Foto: Pexels/Jacqueline Howell

Bayam menjadi salah satu sayuran hijau yang bisa menunda penuaan. Hal ini disebabkan karena bayam mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya, sehingga dapat meningkatkan perkembangan kolagen untyk menjaga kulit agar tetap halus dan kencang. Vitamin A yang ada di bayam juga mampu mengurangi peradangan sel dan vitamin K bisa membantu meningkatkan proses penyembuhan kulit.

Dark chocolate

dark chocolate
Foto: Unsplash/Tanaphong Toochinda

Meminum dark chocolate mampu meningkatkan elastisitas dan hidrasi pada kulit. Kandungan flavanol yang ada di dalam cokelat hitam, bisa mencegah cedera radiasi UV.

Tomat

tomat
Foto: Unsplash/Clay Banks

Tomat di dalamnya terdapat kandungan lycopene, karetenoid yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kulit tomat juga mempunyai manfaat anti inflamasi bagi kulit manusia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...