5 Jenis Makanan untuk Mencegah Rambut Rontok

Nurul Faradila

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

5 Jenis Makanan untuk Mencegah Rambut Rontok
Foto: MyStyle Myanmar

Winnetnews.com -  Rambut rontok dan menipis, bisa membuat siapa saja menjadi stres dan bertanya-tanya tentang apa yang menyebabkan kondisi ini terjadi. Rambut rontok bisa disebabkan oleh diet yang kurang tepat, gaya hidup, genetik, hingga berhubungan dengan hormon.

Jika berkaitan dengan hormon, bisa jadi karena dihidrotestosteron (DHT), hormone steroid pria yang mengikat reseptor folikel di kulit kepala dan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Tingginya level hormon ini, dapat mengecilkan folikel rambut dan memperpendek siklus pertumbuhan rambut. Ketika testosteron dalam darah meningkat, juga dapat diubah menjadi dihidrotestosteron, menghasilkan tingkat DHT yang lebih tinggi juga.

“Sebagai respon terhadap stres, saat kamu terjebak dalam pertarungan atau dilemma, kelenjar adrenal melepaskan hormon, termasuk kortisol, yang menjadi penting dalam menjaga tingkat DHT yang sesuai,” ujar Dr Namita Nadar, kepala ahli gizi Rumah Sakit Fortis, Noida dikutip Vogue India.

Agar bisa mencegah kerontokan rambut dan kebotakan, kita bisa mencoba mengonsumsi jenis-jenis makanan berikut ini.

Kunyit

Kunyit memiliki konsentrasi tinggi senyawa aktif yang disebut kurkuminoid, dan ada beberapa bukti yang menunjukkan manfaat kurkumin dalam menjaga DHT terkendali. “Studi praklinis telah menunjukkan bahwa kurkumin menurunkan tingkat DHT dengan menghalangi aksi enzim reductase alfa-5,” kata Dr Pankaj Chaturvedi, konsultan dermatologis di MedLinks, New Delhi.

Minyak kelapa

Minyak kelapa diketahui mengandung presentase lemak yang tinggi dari trigliserida rantai menengah (MCT). Apalagi jika minyak kelapa tersebut dalam bentuk asam lauarat. Penggunaan minyak kelapa saat masak terbukti dapat memblokir produksi DHT.

Edamame

Kacang edamame adalah kedelai muda yang biasanya dinikmati sebagai cemilan atau hidangan pembuka. Edamame mengaudng isoflavone yang merupakan senyawa tanaman dan bermanfaat untuk menurunkan tingkat DHT, dengan menghalangi aksi reductase 5-alfa.

Bawang putih

Bawang putih di dalamnya mengandung quercetin yang merupakan bahan utama yang harus dicari saat akan mengontrol DHT. Kandungan tersebut, terbukti dapat menghambat produksi DHT dari testosterone dengan menghalangi reduktase 5-alfa dan mengurangi stres oksidatif.

Green tea

Daun the hijau mempunyai epigallocatechin gallate (EGCG) di dalamnya, dengan jumlah yang tinggi. Hal itu dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dengan cara memblokir DHT supaya tidak menghalangi folikel rambut.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...