5 Jenis Makanan yang Ampuh Sembuhkan Sariawan
Foto: Unsplash/Arianka Ibarra

5 Jenis Makanan yang Ampuh Sembuhkan Sariawan

Senin, 27 Jul 2020 | 17:27 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Sariawan memang dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan bisa menganggu aktivitas sehari-hari, seperti makan. Rasa nyeri dari sariawan pun bisa timbul saat kita sedang makan ataupun berbicara. Perasaan tidak nyaman tersebut bisa membuat kita tidak berselera makan.

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari bentuk gigi yang tajam dan melukai bagian dalam mulut, penggunaan kawat gigi, infeksi jamu, bakteri di mulut, stres, hingga perubahan hormon. Masalah kesehatan ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya, namun rasa tidak nyaman yang ditimbulkan membuat kita ingin segera sembuh.

Tidak hanya bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan, sejumlah makanan ini pun juga bisa menyembuhkan sariawan yang sedang kita alami.

Madu

Madu memang dikenal ampuh untuk menghilangkan sariawan, karena terdapat kandungan zat anti inflamasi serta anti bakterial di dalamnya. Antioksidan yang tinggi dalam baik dapat memberikan dampak positif pada tubuh. Selain diminum, kita juga bisa mengoleskan madu di area mulut yang sariawan secara langsung.

Buah dengan vitamin C

Saat sedang mengalami sariawan, kita disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan vitamin C seperti jeruk, lemon, strawberry, dan jambu. Pasalnya, vitamin C merupakan sumber antioksidan yang tinggi, sehingga mampu membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan dalam melawan penyakit, salah satunya yakni sariawan.

Alpukat

Dalam buah alpukat terdapat kandungan vitamin B5, B6, vitamin K, dan vitamin E yang baik untuk tubuh kita. Buah ini pun juga tinggi serat dan bermanfaat bagi pencernaan. Seperti yang diketahui, sariawan juga bisa disebabkan karena adanya masalah di saluran pencernaan.

Yogurt

Yogurt dikenal memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Zat ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit dan peradangan. Selain itu, yogurt juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh di antaranya protein, vitamin B, dan kalsium. Sehingga yogurt cocok dikonsumsi saat ingin sembuh dari masalah sariawan.

Daging merah dan salmon

Sariawan bisa timbul karena kita kurang mengonsumsi vitamin B, seperti vitamin B9 dan B6. Oleh karena itu, kita bisa mengatasinya dengan mengonsumsi daging merah dan salmon. Di dalam salmon seberat 100 gram, terdapat kandungan vitamin B6 sebanyak 47%. Sementara itu, daging merah dengan berat yang sama mempunyai 31% kandungan vitamin B6.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...