5 Jurus Bikin Sampah Plastik Jadi Bermanfaat

5 Jurus Bikin Sampah Plastik Jadi Bermanfaat

Minggu, 28 Feb 2016 | 16:10 | kontributor

WinNetNews.com - Plastik menjadi permasalahan besar kini. Barang yang tidak bisa terurai dengan cepat ini menumpuk di bumi dari tahun ke tahun. Bahkan sebagian wilayah di Indonesia telah menerapkan kantung plastik berbayar untuk meminimalisasi pemakaian plastik. Meski demikian, hal tersebut bukan satu-satunya cara, pasalnya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan, salah satu yang paling utama adalah menerapkan gaya hidup cinta lingkungan.

Bagi Anda yang kreatif, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsi plastik yang sudah tidak terpakai. Selain mendatangkan keuntungan, hal ini tentu dapat mengurangi keberadaan plastik di bumi. Seperti dikutip dari onegreenplanet, Sabtu (27/2/2016), berikut beberapa ide memanfaatkan plastik yang sudah tidak terpakai.

1. Wadah Mentega

image0

Ada kalanya saat membutuhkan sedikit mentega, Anda harus membelinya dalam wadah plastik yang besar. Hal tersebut tentu sangat realistis. Meski demikian, Anda butuh sedikit kepedulian untuk tetap mau menggunakan wadah tersebut saat mentega telah habis. Wadah mentega bisa digunakan kembali untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah wadah bekal makanan ke sekolah.

 

2.Botol Pil

image1

Tidak ada satu pun orang yang mau sakit. Namun bagi keluarga yang baik selalu menyediakan obat-obatan di rumah. Tak heran jika botol pil plastik akan memenuhi rumah Anda. Bentuk dan ukuran botol pil yang unik, sebenarnya masih bisa digunakan untuk wadah yang lain, seperti sampo, lotion, atau bubuk ramuan yang sewaktu-waktu bisa kita butuhkan.

 

3.  Kartu Perdana

image2

Ada berapa banyak orang yang mengganti kartu telepon seluler dalam sebulan? Banyak orang tidak menyadari, ampas dari potongan kartu seluler dan berbagai kartu lainnya yang sudah tidak terpakai bisa mendatangkan permasalahan sendiri, yaitu sampah plastik yang menumpuk. Sebenarnya jika Anda bisa lebih kreatif, Anda dan orang lain bisa memanfaatkan sampah ini untuk dijadikan pick gitar. Simpel namun bernilai manfaat tinggi.

 

4. Wadah CD

image3

Wadah CD yang sudah tidak terpakai tentu mengganggu pemandangan di kamar Anda. bentuknya yang besar akan mengacaukan bagian lain dari kamar yang sudah tertata rapi. Sebenarnya tanpa usaha yang susah, wadah bekas CD bisa digunakan kembali sebagai tempat tisu gulung.

 

5. Bungkus Plastik

image4

Saat membeli barang elektronik, Anda tidak hanya mendapatkan barang yang Anda impikan, tetapi juga segudang pastik yang dibawanya. Jangan buang terlebih dahulu plastik-plastik tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai alas tempat tidur hewan peliharaan Anda di rumah.

Baca juga: Inilah Asal Usul Terciptanya Plastik di Dunia!

Sumber: Liputan 6

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...