5 Kebiasaan Salah saat Mandi yang Bisa Merusak Kulit
Foto: Healthline

5 Kebiasaan Salah saat Mandi yang Bisa Merusak Kulit

Rabu, 29 Jul 2020 | 18:18 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Mandi menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap harinya, untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain agar tubuh tetap bersih, mandi juga nyatanya dapat membuat seseorang menjadi lebih segar dan bersemangat saat beraktivitas.

Meski sering dilakukan, namun nyatanya tanpa sadar kita masih sering melakukan kesalahan yang bisa menyebabkan kulit menjadi rusak lho. Mengutip Reader’s Digest, dr Patricia Farris yang merupakan dokter kulit asal Tulane University menyebutkan bahwa ada kebiasaan mandi yang dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal, hingga menyebabkan eksim.

Pakai sabun tanpa pelembap

Sabun yang kita gunakan saat sedang mandi, dapat memengaruhi kulitas kulit kita. Mandi dengan memakai sabun yang tidak memiliki kandungan pelembap, dapat membuat kulit menjadi kering. Contoh sabun yang tidak memiliki pelembap yakni sabun deodoran antibakteri. Oleh karena itu, saat membeli sabun cobalah untuk mencari produk yang bisa melembapkan kulit.

Menggosok tubuh dengan spons

Menggosok tubuh dengan memakai spons memang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Akan tetapi, jika hal ini dilakukan dengan cara yang terlalu keras, maka lapisan pelindung kulit akan hilang. Lebih baik menggosok tubuh menggunakan tangan ataupun kain lap yang diganti secara berkala, agar kulit tidak mudah terinfeksi.

Membilas tubuh secara asal-asalan

Ketika mandi, pastikan sabun yang ada di tubuh sudah terbilas dengan sempurna. Jika ada sisa sabun ataupun sampo yang tertinggal di kulit, maka bisa menyebabkan iritasi dan memicu tumbuhnya jerawat.

Mengguankan air panas terlalu lama

Mandi dengan air panas terlalu lama dapat membuat kulit kita menjadi kering. Suhu air yang panas, bisa melebarkan pori-pori dan mengikis minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit sehingga kelembapannya berkurang. Idealnya, kita mandi dengan air panas selama 5-10 menit saja, agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Tidak pakai pelembap

Setelah mandi, jangan lupa untuk memakai lotion pelembap untuk kulit. Jangan terlalu lama membiarkan kulit kering setelah mandi, agar lotion yang digunakan dapat terserap dengan baik. Jika pelembap yang dioleskan ke tubuh dapat terserap dengan baik, maka kulit pun akan tetap terhidrasi dan sehat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...