5 Kebiasaan Sehat yang Berbahaya Jika Dilakukan Berlebihan
Ilustrasi, Unsplash

5 Kebiasaan Sehat yang Berbahaya Jika Dilakukan Berlebihan

Jumat, 14 Feb 2020 | 17:17 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Agar tubuh selalu terjaga kesehatannya, seseorang pun harus melakukan pola hidup yang sehat. Seperti melakukan olahraga hingga mengonsumsi vitamin yang bisa menjaga daya tahan tubuh.

Namun seperti kata pepatah, sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan berdampak buruk. Begitu pula dalam menerapkan kebiasaan sehat. Hal yang baik ini akan berubah jadi berbahaya, apabila dilakukan terlalu sering.

Dilansir dari Times of India, berikut ini beberapa kebiasaan sehat yang malah bisa merusak kesehatan jika dilakukan terlalu sering.

1. Sikat gigi berlebihan

Jika kamu menyikat gigi terlalu kuat dan sering, maka permasalahan gigi pun akan terjadi. Pasalnya, enamel gigi akan rusak dan bisa mendorong gusi dari tempatnya. Faktanya, 10-20 persen orang melakukan hal ini tanpa disadari. Untuk mencegahnya, maka kamu bisa menggunakan sikat dengan bulu yang lembut, kemudian menggosoknya secara perlahan di setiap titik gigi.

2. Konsumsi vitamin dengan dosis tinggi

Vitamin memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun sebuah penelitian menunjukkan kalau mengonsumsi empat kali vitamin yang berdosis tinggi, maka bisa menyebabkan kanker. Lebih baik sebelum mengonsumsi vitamin untuk melakukan konsultasi lebih dulu ke dokter ahli atau ahli vitamin.

3. Kebanyakan konsumsi serat

Serat memang menjadi satu elemen yang diperlukan oleh tubuh, namun jika terlalu berlebihan maka perut akan merasa kembung. Oleh karena itu, cukup konsumsi serat dua porsi selama seminggu. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi roti gandum atau apel.

4. Kebanyakan tidur

Seseorang diwajibkan untuk tidur selama 7-8 jam sehari. Namun tidur terlalu lama dapat memberikan konsekuensi yang buruk untuk kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan kalau orang yang tidur lebih dari 9 jam, maka dua kali lebih rentan terkena Alzheimer.

5. Olahraga berlebihan

Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tetap membuat tubuh menjadi sehat dan menjaga bentuk badan. Namun, apabila dilakukan secara berlebihan tidak jarang bisa terjadi cedera pada tubuh seperti kram, otot terkilir, hingga susah untuk bergerak. Olahraga sebaiknya dilakukan 2 kali dalam seminggu, jangan lupa untuk istirahat dan lakukan pemanasan terlebih dahulu.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...