5 Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Perut Kosong
Foto: The Healthy

5 Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Perut Kosong

Rabu, 3 Jun 2020 | 17:35 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Keadaan perut yang kosong dapat membuat aktivitas kita terhambat. Rasa lapar dapat membuat kita sulit untuk berkonsentrasi dan tubuh pun akan menjadi lemas, sehingga kurang bersemangat untuk beraktivitas.

Jika perut sedang kosong, terdapat beberapa hal yang perlu dihindari agar terhindar dari bahaya yang dapat menganggu kesehatan tubuh. Dikutip dari Cewekbanget.id, berikut ini beberapa kebiasaan yang perlu berhenti dilakukan saat perut dalam keadaan kosong.

Meminum kopi

Terdapat sejumlah orang yang selalu mengawali harinya dengan minum kopi. Akan tetapi, kopi yang diminum saat perut sedang kosong dapat merangsang produksi asam yang membuat perut terasa mulas dan timbul masalah pencernaan lainnya.

Tidur

Saat malam hari, tak jarang rasa lapar melanda. Biasanya kita memilih untuk tidur daripada harus keluar kamar dan membuat makanan. Padahal tidur dengan perut yang kosong bukan sesuatu yang disarankan. Ketika seseorang tidur dalam keadaan perut kosong, maka nafsu makan pada pagi harinya akan bertambah dan tanpa sadar akan mengonsumsi makanan lebih dari yang seharusnya. Selain itu, perut yang lapar juga membuat kita sulit tidur dan kualitas tidur berkurang.

Minum obat anti radang

Obat anti radang tidak dapat dikonsumsi saat perut sedang kosong. Hal ini disebabkan karena bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti pendaharan lambung.

Makan permen karet

Asam pencernaan yang timbul ketika mengunyah permen karet dapat membuat lapisan perut kosong hancur dan radang perut. Akan tetapi jika memang kita tetap harus mengonsumsinya, maka lebih baik dilakukan tidak lebih dari 10 menit.

Olahraga

Olahraga dengan perut yang kosong sama sekali tidak memengaruhi banyaknya kalori yang terbakar. Malah dapat menghilangkan otot yang sudah terbentuk. Untuk itu, makan lah sedikit sebelum olahraga dan kalau memang tidak bisa, lakukan gerakan yang ringan saja.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...