5 Kebiasaan yang Secara Tak Sadar Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Vagina
Ilustrasi, Unsplash

5 Kebiasaan yang Secara Tak Sadar Dapat Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Vagina

Selasa, 25 Feb 2020 | 18:25 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Vagina merupakan organ kewanitaan yang perlu dijaga kebersihannya. Akan tetapi, secara tidak sadar kita sering melakukan kebiasaan buruk yang salah dan dapat berdampak buruk bagi kesehatan vagina. Demi bisa terus selalu menjaga kondisi vagina, yuk cari tahu kebiasaan apa saja yang bisa mengancam kesehatannya.

Membersihkan dengan cara yang salah

Membersihkan vagina setelah buang air kecil adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Tetapi terkadang kita tidak sadar kalau telah mebasuhnya dengan cara yang tidak benar. Untuk itu, selalu perhatikan membersihkannya dengan air bersih dan menyiramnya dari arah depan ke belakang. Cara ini bertujuan untuk menghindari penyebaran bakteri dari area belakang ke organ kewanitaan. Di mana bakteri yang berasal dari bagian belakang tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyakit, seperti infeksi saluran kemih.

Sering pakai pakaian dan underwear yang ketat

Jika kita sering menggunakan pakaian ataupun underwear yang ketat, maka akan membuat vagina menjadi sulit untuk “bernapas”. Hal ini dapat menyebabkan udara terperangkap di sana dan akhirnya menjadi lembab. Area yang lembab ini merupakan tempat yang ideal bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...