Skip to main content

5 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Kamu Cicipi

5 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Kamu Cicipi
5 Kuliner Khas Bogor yang Wajib Kamu Cicipi

WinNetNews.com - Kota Hujan Bogor sangat mudah di jangkau dari kawasan Ibu Kota. Kamu bisa berpergian ke bogor dengan menggunakan alat transportasi komuter line, bisa juga dengan mobil ataupun motor.

Bogor merupakan kota yang secara administratif terletak di Provinsi Jawa Barat, berjarak 59 km di sebelah selatan Jakarta. Kota yang terkenal dengan kebun raya Bogornya yang sangat legendaris punya berbagai tempat kuliner seru yang sangat menggoda. Jika kamu berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi 5 kuliner khas bogor ini!

Asinan Jagung Bakar

image0

Pada umumnya, asinan berisi sayur dan buah, namun tidak di Asinan Jagung Bakar yang berada di Gang Roda Suryakencana. Sesuai dengan namanya, asinan yang dijajakan oleh seorang pedagang kaki lima secara turun temurun dari tahun 1968 ini menggunakan jagung manis bakar sebagai bahan utamanya, bukan sayuran atau buah-buahan. Jagung manis bakar ini kemudian disiram dengan air cabai dan cuka, kemudian diberikan gula pasir sehingga menciptakan rasa yang segar, asam, dan manis. Biasanya Asinan Jagung Bakar ini buka dari jam 9 pagi sampai dengan jam setengah 6 sore setiap hari.

Cungkring bukan berarti tubuh yang tinggi dan kurus kering, melainkan salah satu kuliner khas Bogor yang sudah terkenal. Cungkring merupakan kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong seperti yang umum dipakai pada sate ayam. Selain itu, bisa juga disantap dengan nasi bercampur kelapa parut dan tempe. Pedagang Cungkring dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana, dekat perempatan Gang Aut. Bila ingin menikmati Cungkring, sebaiknya Kamu datang ke Jalan Suryakencana sekitar jam 7 pagi, karena kuliner murah meriah ini biasanya sudah habis terjual pada jam 9 pagi.

Cungkring

image1

Cungkring bukan berarti tubuh yang tinggi dan kurus kering, melainkan salah satu kuliner khas Bogor yang sudah terkenal. Cungkring merupakan kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning, kemudian ditambahkan dengan bumbu kacang dan lontong seperti yang umum dipakai pada sate ayam. Selain itu, bisa juga disantap dengan nasi bercampur kelapa parut dan tempe. Pedagang Cungkring dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Bogor, atau di Jalan Suryakencana, dekat perempatan Gang Aut. Bila ingin menikmati Cungkring, sebaiknya Anda datang ke Jalan Suryakencana sekitar jam 7 pagi, karena kuliner murah meriah ini biasanya sudah habis terjual pada jam 9 pagi.

Bapatong

image2

Apa itu Bapatong? Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong yang merupakan salah satu kuliner khas Bogor yang paling dicari pecinta kuliner. Yang membedakan Bapatong dengan bakso pada umumnya adalah adanya potongan dadu ketupat dan juga potongan dadu iga sapi di dalamnya. Ditambah dengan kaldu sapi, bakso, bihun, mie kuning, dan pangsit, makanan yang biasanya disantap hangat ditemani dengan es dower ini sangatlah cocok untuk makan siang. Es dower sendiri adalah es yang terbuat dari santan kepala beku ditambah dengan gula dan irisan buah serta agar-agar. Harga dari Bapatong tidaklah mahal, hanya 15.000 Rupiah saja. Bapatong dapat ditemukan di Jalan Taman Kencana, Bogor.

Bir Kocok

image3

Bir Kocok adalah bir yang berbeda dengan bir pada umumnya. Bila pada umumnya bir mengandung alkohol, maka Bir Kocok yang ditawarkan di Gang Aut Suryakencana ini tidak mengandung alkohol dan dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, dan gula aren. Minuman ini disebut Bir Kocok karena proses pembuatannya dikocok hingga berbuih dan berbusa seperti minuman beralkohol kemudian disajikan dengan es batu. Selain bisa diminum di lokasi dengan harga 3.000 Rupiah per gelas, Bir Kocok juga dapat dibawa pulang dengan harga 10.000 Rupiah 1 botol.

Sop Buah Pak Ewok

image4

Sop Buah Pak Ewok yang berslogan ‘Segar, Enak, dan Murah’ ini sudah cukup lama menjadi tujuan wisata kuliner di Bogor. Dikunjungi oleh berbagai usia, harga di Sop Buah Pak Ewok ini sangatlah terjangkau, hanya 8.000 Rupiah saya untuk sop buah biasa, dan 13.000 Rupiah untuk sop buah duren. Selain berbagai jenis sop buah, tempat wisata kuliner di Bogor ini juga menyediakan batagor, pempek, nasi ayam, nasi timbel, roti goreng, otak-otak, roti cane, siomay, mie ayam jamur, sate ayam, nasi bogana, steak iga bakar, dan juga dim sum. Sop Buah Pak Ewok beralamat di Jalan Tunggul Nomor 5, Taman Kencana Bogor.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top