5 Makanan dan Minuman yang Sebabkan Masalah di Kulit Wajah
Foto: Unsplash.com/Neobrand

5 Makanan dan Minuman yang Sebabkan Masalah di Kulit Wajah

Senin, 1 Jun 2020 | 18:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Mempunyai wajah yang mulus, kenyal, dan sehat menjadi salah satu idaman kaum wanita. Akan tetapi, meski sudah melakukan perawatan, tak jarang masalah kulit wajah tetap saja muncul dan dapat menganggu penampilan.

Mengutip dari The Klog, masalah yang timbul di wajah juga ternyata bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Misalnya seperti makanan manis ataupun karbohidrat olahan. Agar lebih memahaminya dengan jelas, berikut ini beberapa makanan yang dapat memincu timbulnya permasalahan di kulit wajah kita.

Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan diketahui mempunyai indeks glikemik yang tinggi, sehingga mampu menyebabkan peningkatan kadar glukosa dan insulin di tubuh kita. Tingginya kadar insulin, bisa mempengaruhi naiknya tingkat produksi sebum (minyak di wajah), sehingga menyebabkan kulit jadi berminyak dan tumbuh jerawat.

Makanan dengan gula yang tinggi

Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat menybabkan kulit mengalami penuaan dini. Hal ini disebabkan karena glukosa dan fruktosa mampu menghubungkan asam amino dengan kolagen dan estastin. Itu dapat menjadikan serat kolagen menjadi keras, kaku, dan tidak mampu memperbaiki kerusakan dengan sendirinya.

Produk olahan susu

Serupa dengan dampak karbohidrat olahan, produk olahan susu juga mampu menyebabkan timbulnya lonjakan insulin dan mengakibatkan produksi minyak berlebih. Hal ini disebabkan karena susu sapi biasanya mengandung hormone steroid anabolik. Sehingga saat dikonsumsi oleh manusia, hormon tersebut mampu memicu peningkatan kadar insulin dan merangsang produksi minyak, serta memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Minuman berkafein

Dikutip dari Healthline, kopi sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan jerawat. Akan tetapi, minuman ini dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada sebelumnya.

Kopi diketahui mempunyai kandungan kafein yang dapat meningkatkan respon stres dalam tubuh. Kondisi ini bisa memperburuk jerawat yang sudah tumbuh di wajah. Apalagi jika kita mengonsumsi kopi dengan campuran lain, seperti susu ataupun bahan pemanis buatan lainnya. Susu dan pemanis buatan, dapat memengaruhi kondisi hormon secara negatif, sehingga pertumbuhan jerawat pada wajah terangsang.

Minuman beralkohol

Seorang dermatologis asal California, Annie Chiu mengatakan konsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko rosacea. Rosacea adalah penyakit di mana kulit menjadi berwarna kemerahan pada area wajah dan leher.

Hal tersebut disebabkan kandungan alkohol yang ada di minuman, dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, menyebabkan peradangan, dan membuat pembuluh darah melebar. Ini memicu gejala rosacea pada kulit. Kondisi ini hanya bisa berkurang dengan melakukan perawatan kulit yang rutin, namun sampai saat ini belum bisa dipastikan apakah dapat disembuhkan atau tidak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...