5 Makanan untuk Mencegah Penyumbatan Arteri Jantung
Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

5 Makanan untuk Mencegah Penyumbatan Arteri Jantung

Kamis, 19 Nov 2020 | 15:10 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Arteri jantung adalah pembuluh darah yang berfungsi membawa darah yang kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika arteri jantung tersumbat maka bisa menyebabkan penumpukan zat atau plak di dinding arteri.

Plak tersebut bisa menyumbat aliran darah sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, kolesterol tinggi, hingga obesitas.

Agar penyumbatan arteri jantung tidak terjadi, maka kita bisa mencegahnya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Buah beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi, hingga cranberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Di dalam buah beri terdapat serat, vitamin, mineral, dan antioksidan flavonoid yang mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Tomat

Di dalam tomat terdapat kandungan likopen pigmen karotenoid yang baik untuk kesehatan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam National Institute of Health menemukan bahwa mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan flavonoid. Antioksidan flavonoid dapat mengurangi peradangan dan mencegah radikal bebas. Sehingga konsumsi buah jeruk dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti jahe, cabai, dan kayu manis membantu melindungi tubuh dari penyumbatan arteri. Rempah-rempah memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengatasi radikal bebas, meningkatkan kadar lipid darah, dan mengurangi penggumpalan trombosit dalam darah.

Cokelat hitam

Cokelat hitam dapat membantu menangkal aterosklerosis (penyumbatan arteri jantung). Dalam studi yang diterbitkan di National Institute of Health tahun 2017 menyebutkan kalau mengonsumsi cokelat hitam dikaitkan dengan mengurangi resiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...