5 Manfaat Dari Lele yang Baik untuk Tubuh

Cindy
Cindy

5 Manfaat Dari Lele yang Baik untuk Tubuh Foto: Ilustrasi

Winnetnews.com - Lele adalah salah satu jenis ikan yang paling disukai banyak orang. Ikan lele memiliki ciri khas yaitu badannya yang licin, sedikit pipih, memanjang dan tidak bersisik. Ikan lele biasanya dijadikan lauk yang lezat yang dapat menemani makan siang atau malam seseorang.

Banyak variasi makanan yang menggunakan ikan lele misalanya pecel lele dam sebagainya. Namun, tidak banyak yang tahu kandungan dalam ikan lele sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

1. Kaya vitamin B 12

Kandungan vitamin B 12 dalam ikan lele ini dapat memenuhi 40% kebutuhan manusia dewasa dalam sehari. Vitamin B 12 terutama sangat penting dalam proses pengubahan karbohidrat menjadi energi. Apabila kekurangan vitamin B 12 proses ini akan terganggu akibatnya tubuh mengalami kekurangan energi.

2. Omega 3 dan 6

Kandungan yang dimiliki oleh ikan lele juga yaitu asam amino, omega 3 dan omega 6. Omega 3 berfungsi dalam proses pembentukan sel-sel dalam otak dan meningkatkan kesehatan dalam jantung. Pada omega 3 juga berguna untuk membantu pada proses perkembangan otak dan janin pada ibu hamil dan juga sangat penting untuk perkembangan fungsi penglihatan saraf pada bayi.

3. Kaya vitamin D 

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki satu-satunya kandung vitamin D diantara ikan yang lain misalnya kandungan vitamin dalam tuna, ikan sardines, ikan hering, ikan nila dan jenis ikan yang lain. Kandungan vitamin D yang tinggi yang terkandung dalam ikan lele ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan menjaga sistim kekebalan tubuh otak dan saraf.

4. Kaya fosfor

Selain mengandung protein, pada ikan lele juga memiliki kandungan mineral yang yang sangat berguna bagi tubuh. Salah satunya adalah mineral fosfor yang membangu pembentukan tulang dan gigo hingga gusi. 

5. Mengandung banyak protein

Ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki sumber protein hewani yang cukup tinggi. Protein yang terkandung dalam ikan lele ini memiliki kelebihan yaitu terkandung semua asam amino esensial lisim dan leusin dengan kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan susu dan daging.

 

 

Penulis : Cindy Irma Cicilia
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?