5 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Menangis

5 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Menangis

Selasa, 12 Apr 2016 | 07:43 | Rusmanto
WinNetNews.com - Menangis bukanlah hal yang memalukan. Bahkan pakar mengatakan menangis adalah hal yang lumrah bagi manusia, apapun penyebabnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 mafaat kesehatan yang didapat dari menangis:

1. Detoks

Proses membuang racun dari dalam tubuh atau detoks bisa dilakukan dengan menangis. Dr Willian H Frey II, seorang ahli biokimia dari Psychiatry Research Laboratories di St. Paul-Ramsey Medical Centre menemukan menangis mengeluarkan zat seperti tubuh ketika menghembuskan napas, buang air kecil dan berkeringat. Beberapa zat yang turut serta keluar ketika menangis adalah prolaktin protein, hormon adrenokortikotropik dan endrorphin leucine-enkephalin yang bisa mengurangi rasa sakit.

2. Membunuh bakteri

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Food Microbiology menemukan fakta bahwa air mata memiliki kekuatan antimikroba yang kuat dalam melindungi terhadap kontaminasi anthrax . Air mata mengandung lisozim yang berguna untuk membunuh 90 sampai 95 persen bakteri dalam tubuh hanya dalam waktu lima sampai sepuluh menit. Lisozim dapat membunuh bakeri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri.

 

3. Menjaga kesehatan mata

Ketika selaput mata mengalami dehidrasi, mata bisa menurun kualitas penglihatannya. Nah, Air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang terbukti bisa menjaga kesehatan mata dengan cara melumasi bola mata dan kelopak mata. Peneliti dari National Eye Institute mengatakan air mata bisa menjaga bola mata agar tetap lembab dan melunturkan debu.

4. Memperbaiki mood

Sebuah penelitian di tahun 2008 dari University of South Florida menemukan menangis dapat menenangkan dan memperbaiki mood lebih baik daripada antidepresan apapun. Hampir dari 90 persen suasana hati bisa diperbaiki dengan menangis. Namun catat, seseorang dengan gangguan kecemasan atau gangguan bipolar mungkin saja tidak bisa mengalami efek positif dari menangis.

5. Mengungkapkan perasaan

Menangis dapat menjadi sarana saat Anda tak bisa mengungkapkan kata-kata, terutama kepada pasangan. Sebabnya, menangis tidak selalu berasal dari hal buruk namun bisa saja dari hal yang membahagiakan.

Tangisan adalah reaksi dari seseorang yang memiliki emosi baik ataupun buruk yang harus diluapkan karena hal ini sangat wajar terjadi. Tangisan bisa meredamkan perkelahian, membuang rasa amarah dan membuka dialog dengan orang lain.

disadur dari situs detik health

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...