5 Manfaat Konsumsi Durian yang Jarang Diketahui
Foto: Lifepal

5 Manfaat Konsumsi Durian yang Jarang Diketahui

Selasa, 28 Jul 2020 | 18:11 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Durian terkenal sebagai buah yang memiliki aroma khas. Bagi sebagian orang, bau yang dikeluarkan dari durian memang dapat membuat pusing dan terasa tidak nyaman.

Walaupun memiliki aroma yang menyengat, buah ini tetap menjadi favorit bagi sebagian orang. Mereka yang menyukai durian, tidak bisa berhenti untuk menikmati daging buah yang creamy dan manis. Selain rasanya yang enak, ternyata durian juga memiliki manfaat untuk tubuh kita lho. Dikutip dari Asia One, berikut ini beberapa manfaat tak terduga dari konsumsi durian.

Bisa membuat bahagia

Buah ini diketahui memiliki kandungan yang bisa membuat seseorang bahagia dan merasa lebih baik. Durian mengandung asam amino triptofan yang konversi menjadi serotonin, neurotransmitter yang menginduksi perasaan bahagia dan rileks.

Tidur jadi lebih baik

Triptofan (asam amino esensial) dalam durian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur. Semakin tinggi kadar melatonin, maka kita akan mudah tertidur.

Mengontrol tekanan darah

Durian kaya akan kalium, elektrolit yang membantu menjaga tekanan darah. Tekanan darah tinggi (hipertensi), dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti jantung, stroke dan gagal ginjal.

Menguatkan tulang

Besi dan tembaga adalah mineral yang penting untuk tulang yang kuat. Dan durian kaya akan mineral. Sebuah studi yang dilakukan oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional menunjukkan bahwa buah ini memiliki asupan zat besi yang tinggi dan mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Membuat kulit mulus

Vitamin C yang ada di dalam durian mencapai 11,6 mg. Vitamin C diketahui memiliki antioksidan yang bisa melawan radikal bebas pada tubuh, sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan bebas kerutan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...