5 Manfaat Konsumsi Kismis Sebelum Olahraga
Foto: Pexels/Anthony Shkraba

5 Manfaat Konsumsi Kismis Sebelum Olahraga

Rabu, 14 Okt 2020 | 13:18 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Buah-buahan kering secara umum dianggap kurang sehat, karena memiliki kandungan gula yang lebih tinggi daripada nutrisi. Namun ternyata, kismis yang merupakan buah kering, mempunyai sehudang manfaat bagi kesehatan.

Mengutip Well and Good, ahli diet terdaftar Jessica Bippen, RD, menjelaskan sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari kismis. Kismis dibuat dengan mengeringkan anggur di bawah sinar matahari dan kemudian diolah. Meskipun terlihat berbeda dari anggur, namun Bippen mengatakan kalau secara nutrisi kismis memiliki kesamaan dengan anggur.

“Hal yang lucu tentang kismis adalah banyak orang tidak menyadari kalau mereka memiliki manfaat yang sama dengan anggur. Mereka adalah buah yang sama, hanya mengalami dehidrasi,” ujar Jessica Bippen.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi kismis sebelum olahraga, menurut Jessica Bippen.

Menangkal radikal bebas dan mengurangi peradangan

 “Sama seperti anggur, kismis adalah sumber antioksidan yang baik. Ini akrena mereka tinggi akan jenis antioksidan tertentu yang disebut polifenol,” kata Bippen. Dia menjelaskan bahwa polifenol membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi peradangan. Ia juga menambahkan kalau kismis juga baik untuk kesehatan otak, meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi dari penyakit kognitif, seperti Alzheimer dan demensia.

Baik untuk kesehatan kardiovaskular

Kismis mengadung banyak zat besi di dalamnya. Zat besi membantu aliran darah dan secara tidak langsung bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. “Agar zat besi dapat diserap dengan baik, itu harus dipasangkan dengan vitamin C. Kismis sebenarnya memiliki nutrisi itu, jadi kita bisa mendapatkan keduanya dari sumber yang sama,” jelas Bippen.

Menjaga kesehatan tulang

Kismis diketahui juga mengandung sedikit kalsium, yang dapat mendukung kesehatan tulang. Selain baik untuk tulang, kalsium juga mempunyai peranan penting untuk fungsi otot, serta membantu menyampaikan pesan dari otak ke otot.

Sumber protein

Meskipun bukan sumber protein yang bisa meningkatkan tenaga secara signifikan seperti daging, kacang-kacangan, atau tahu, kismis tetap mempunyai protein di dalamnya. “Ini juga membantu menjaga gula dalam kismis agar tidak meningkatkan gula darah sebanyak yang seharusnya,” ungkap Jessica Bippen.

Kaya akan serat

Satu ons kismis mengandung 1 gram serat. Seperti protein, serat juga membantu mencegah gula alami buah kering yang berlimpah agar tidak memiliki efek yang kuat pada kadar gula kita. Serat merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh, membantu menurunkan peradangan serta meningkatkan kesehatan usus. Meskipun segenggam kismis hanya sebagian kecil dari jumlah serat yang dibutuhkan sepanjang hari, menambahkannya ke oatmeal atau salad akan membuat kita lebih dekat dengan jumlah konsumsi serat perharinya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...