(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

5 Manfaat Memelihara Hewan yang Belum Banyak Diketahui!

Oky
Oky

5 Manfaat Memelihara Hewan yang Belum Banyak Diketahui! (source : https://dogtime.com/dog-names/female-dog-names/21032-top-10-most-popular-dog-and-cat-names-of-2014)

Winnetnews.com - Hewan peliharaan atau hewan domestik pada dasarnya diciptakan untuk menemani manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari hewan peliharaan atau hewan domestik sendiri adalah hewan yang dapat dijinakkan dan dijadikan hewan peliharaan. Di indonesia, hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah kucing, anjing, kelinci, marmut dan lain-lain.

Walaupun diciptakan untuk menemani manusia, banyak orang yang tidak mau memelihara hewan karena beranggapan memelihara hewan peliharaan sungguh merepotkan dan menyita banyak waktu. Namun, yang lebih ironis,  walaupun hewan peliharaan diciptakan untuk menemani manusia, tidak membuat segelintir orang untuk tidak melakukan penyiksaan dan kekerasan terhadap hewan. Kasus penyiksaan hewan di Indonesia sendiri semakin marak terjadi. Banyak kasus penyiksaan hewan viral di media sosial dan membuat geram sejumlah warganet. Menurut penuturan BimBim, owner dari Cat Lovers In The World, setidaknya dari tahun 2016-2018 sudah ada 820 kasus yang dilaporkan ke organisasi mereka. Wah, banyak banget ya? Padahal ini baru satu organisasi pecinta hewan, belum kasus yang dilaporkan ke organisasi pecinta hewan yang lain.

Saat ditanya soal kasus penyiksaan terparah yang pernah ditangani CLOW, jawabannya sangat mengejutkan. Karena CLOW pernah menghadapi kasus kucing dibacok sampai kepalanya terbelah hingga kasus kucing yang di racun dengan sengaja oleh oknum tidak bertanggung jawab. Wah, kejam banget! Padahal memelihara hewan memiliki segudang informasi lho. Berikut 5 keuntungan memelihara hewan peliharaan :

  • Menurunkan Stress

image0

(Source : https://www.theodysseyonline.com/people-stress-aka-everyone)

Apakah ketika kamu bermain atau beraktivitas bersama hewan peliharaan kamu merasakan perasaan senang? Hal tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah lho. Ketika kamu melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama hewan peliharaan ternyata menurut psikologi hal tersebut bisa membantu meningkatkan kadar hormon dopamin dan serotonin. Sehingga hal ini membantu menimbulkan perasaan bahagia dan juga menenangkan.

Penelitian dari Virginia Commonwealth University menyatakan bahwa 450 pegawai memiliki tingkat stress yang lebih rendah. Hal ini karena mereka bisa membawa anjing atau kucing mereka ke kantor. Selain itu menurunkan tingkat stres, satu dari empat pegawai merasakan peningkatan dalam produktivitas kerja.

  • Mencegah Alergi

image1

(Source : https://www.medpagetoday.com/meetingcoverage/aaaai/50144)

Ada kabar baik buat kamu yang mempunyai anak dan memelihara hewan peliharaan. Karena menurut penelitian dari  University of Wisconsins’s School of Medicine and Public Health, jika ada seorang anak yang lahir dan memiliki anjing peliharaan ataupun kucing, maka ia kemungkinan terhindar dari alergi dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu, hasil studi yang dipublikasikan dalam Clinical & Experimental Allergi menyatakan apabila kamu memelihara hewan sejak kamu masih baru melahirkan bayi dan sampai ia balita, maka ia akan terhindar dari alergi. Kalaupun ia terkena alergi ketika memelihara hewan maka alerginya dapat berkurang dengan baik.

  • Membuat Manusia Lebih Panjang Umur

image2(Source : https://www.northeastiowafoodbank.org/what-we-do/elderly-nutrition/)

Siapa yang tidak mau mempunyai tubuh sehat dan panjang umur? Semua orang pasti ingin mempunyai itu. Salah satu cara untuk memperpanjang umur adalah dengan memelihara hewan peliharaan.  Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Swedia memberikan pedoman bagi mereka yang ingin panjang umur, yakni dengan memelihara anjing atau kucing. Menurut penelitian ini, disebutkan bahwa memelihara anjing atau kucing bisa menurunkan resiko terkena kematian hingga 33 persen dan menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular hingga 36 persen. Bagi mereka yang masih single, memelihara anjing atau kucing bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 11 persen. Sementara itu, bagi pasangan suami istri, resiko terkena kematian akibat dari penyakit kardiovaskular juga bisa ditekan hingga 15 persen.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyebab utama meningkatknya resiko terkena penyakit kardiovaskular adalah stress. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, memelihara hewan dapat menurunkan stress.

  • Meningkatkan Kebugaran dan Menurunkan Kolesterol

image3(Source : https://www.shape.com/fitness/tips/heat-stroke-prevention-in-pets-running-with-dog)

Jika kamu memiliki hewan peliharaan terutama anjing, tentu tahu bahwa hewan peliharaannya harus sering diajak jalan-jalan. Karena sama dengan manusia, hewan peliharaan juga memiliki rasa jenuh. Khususnya untuk anjing-anjing besar yang memiliki energi lebih, mereka harus sering diajak jalan untuk menyalurkan energinya. Namun, sadarkah anda dengan berjalan-jalan terutama di pagi hari, kita jyga mendapatkan keuntungan? Saat kita mengajak jalan hewan peliharaan kita, kita akan mendapatkan udara segar sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan kadar kolesterol menurun. Selain itu, berjalan-jalan dapat melonggarkan pembuluh darah sehingga darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

  • Meningkatkan Rasa Aman 

image4

(Source : http://www.holidogtimes.com/fr/attention-chien-mechant-8-photos-de-molosses-extremement-menacants/)

Ketika kamu sedang sendirian dirumah alias home alone, pasti akan ada rasa cemas atau bahkan merasa takut. Hewan peliharaan bisa membuat rasa cemas atau takut kamu hilang. Khususnya jika hewan peliharaannya seperti anjing, kucing atau bahkan angsa. Hewan tersebut akan tahu mana pemiliknya dan mana manusia yang memang ingin melakukan niat jahat.

Nah, itu dia 5 keuntungan memelihara hewan peliharaan. Masih mau melakukan kekerasan terhadap hewan? Kalau tidak suka, tidak perlu menyakiti ya!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});