5 Manfaat Skinship dengan Pasangan

Nurul Faradila
Nurul Faradila

5 Manfaat Skinship dengan Pasangan Ilustrasi, Sumber: Unsplash

Winnetnews.com - Manusia membutuhkan adanya rasa nyaman dan aman. Hal itu bisa didapatkan salah satunya melalui kontak fisik dengan orang terkasih.

Tak hanya berdampak pada fisik, namun dengan adanya skinship juga baik untuk kesehatan mental. Berikut ini manfaat skinship yang baik untuk tubuh dan mental.

Mempererat hubungan

Saat melakukan kontak fisik dengan orang terkasih, maka hormon oksitosin akan melonjak tinggi di otak. Hormon ini juga dikenal dengan hormon cinta, karena bisa menambah ketertarikan yang mendalam dengan pasangan. Bahkan sebuah studi menunjukkan saat seseorang berpergangan tangan dengan kekasih, gelombang otak dan detak jantung pasangan akan sinkron satu sama lain.

Meredakan stress

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tiffany Field, Ph.D, direktur University of Miami's Touch Research Institute menemukan kalau sentuhan dengan orang terkasih bisa membantu seseorang untuk merasa rileks, baik dari segi fisik ataupun mental.

Mengurangi rasa sakit

Peneliti dari University of Coloradi Boulder, Pavel Goldstein, Ph.D, melakukan riset setelah pengalamannya sendiri. Dari penelitian yang dilakukan dengan 22 partisipan itu ditemukan kalau dengan berpegangan tangan, selain detak jantung dan pernapasan akan sinkron, rasa sakit yang dirasa pun berkurang.

Menyehatkan fisik

Saat sedang berada di keadaan yang penuh tekanan dan gelisah, hormon kortisol lebih banyak diproduksi. Hal ini menyebabkan diri seseorang lebih mudah terserang penyakit. Dengan menerima sentuhan afektif dari seseorang yang disayang maka, berbagai hormon baik pun akan semakin banyak diproduksi dan menyebabkan kekebalan tubuh meningkat.

Meningkatkan kesehatan mental

Setiap orang ingin merasakan kalau ada orang lain yang membutuhkannya, menyanyangi dan memedulikannya. Saat merasakan kontak fisik, maka seseorang akan merasakan kalau dirinya disayangi dan dicintai.

Apa Reaksi Kamu?