Skip to main content

5 Manfaat Tak Terduga dari Puasa Berbicara

5 Manfaat Tak Terduga dari Puasa Berbicara

WinNetNews.com - Disadari atau tidak, manusia hidup di tengah kebisingan yang dia dengar setiap hari. Entah dari suara alat elektronik, bisingnya kendaraan, atau ucapan manusia lainnya.

Lalu, apa jadinya jika kamu melakukan puasa berbicara selama beberapa jam dalam sehari? Apakah tindakan ini memiliki manfaat kesehatan?

Dikutip dari Merdeka dari laman boldsky, ditulis Minggu (19/03/2017), saat ini banyak kamp-kamp kesehatan yang mengajarkan untuk puasa berbicara dan para pelakunya justru memiliki ketenangan tubuh dan jiwa.

Penasaran dengan manfaat lebih lanjut dari puasa berbicara? Berikut adalah penjelasannya.

1. Menurunkan tekanan darah

Puasa bicara ternyata juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah, lho. Pola pernapasan pun jadi lebih tenang.

Selain manfaat di atas, puasa bicara akan membuatmu lebih berkonsentrasi dengan kebutuhan dirimu sendiri. Kamu jadi lebih kreatif, lebih tenang, dan bisa berpikiran secara jernih.

2. Meningkatkan kesadaran

Apakah kamu sering mengalami kebingungan akhir-akhir ini? Kamu bingung bagaimana cara mengatur jadwal yang padat atau bingung dalam menentukan mana yang harus menjadi prioritas.

Jika ya, maka ada baiknya kamu melakukan puasa bicara. "Puasa bicara membantu untuk mempertajam tingkat kefokusan dan konsentrasi otak. Mulailah dengan melakukan puasa bicara selama 5 menit dan rasakan dorongan produktivitas yang meningkat."

3. Terjadi regenerasi sel otak

Sebuah penelitian kesehatan terbaru menemukan bahwa diam dan melakukan meditasi selama beberapa jam mampu membuat sel-sel otak yang baru tumbuh. Sel-sel otak ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam mencerna dan mengingat.

4. Membunuh stres

Kamu mengalami serangan stres? Diamlah barang sejenak. Tindakan ini bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres karena dengan semua suara baik yang kamu dengar atau keluarkan, gelombang suara tersebut akan diproses di sistem saraf otak dan menghasilkan beragam reaksi yang bisa meningkatkan stres. Namun saat kamu diam atau berada dalam keheningan, tidak ada reaktivitas maupun agitasi dan hanya muncul relaksasi, maka tingkat stres yang menghimpit akan menurun.

5. Menyembuhkan insomnia

Kebiasaan berdiam diri beberapa menit juga bisa membantumu untuk menyembuhkan insomnia, memerangi kelelahan, serta mengurangi depresi.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top