5 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan Tubuh
Foto: Pexels/Mareefe

5 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 9 Nov 2020 | 16:27 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Teh jahe menjadi salah satu minuman yang sering dikonsumsi saat cuaca sedang dingin atau kondisi tubuh kurang baik. Sejumlah dokter ahli juga merekomendasikan untuk mengonsumsi jahe setiap hari, terutama dalam bentuk teh, karena dirasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Teh jahe diketahui dapat mengontrol berat badan, hingga menjaga gula darah agar tidak naik. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika mengonsumsi teh jahe secara rutin.

Melindungi dari penyakit jantung

Jahe dikenal di kalangan penelti karena kemampuannya mencegah penyakit jantung. Beberapa manfaat jahe termasuk menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan penurunan tekanan darah.

Mengontrol berat badan

Merasa ingin makan setiap 5 detik, menjadi salah satu alasan kenapa kita tidak bisa mengontrol berat badan. Dengan rutin meminum teh jahe, maka masalah tersebut dapat diatasi secara signifikan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di National Institute of Health pada 2012 lalu, menemukan bahwa rempah pedas ini dapat menurunkan rasa lapar serta asupan makanan, dan mampu membuat kita merasa kenyang.

Mengontrol gula darah

Diabetes tipe 2 diketahui dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi teh jahe. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengurangi komplikasi diabetes hanya dengan 12 minggu, bisa dilakukan dengan konsumsi jahe setiap hari. Meski begitu, seseorang yang menderita diabetes tipe 2, juga perlu melakukan konsultasi dengan dokter terkait dengan hal ini.

Mencegah resiko kanker

Studi yang dilakukan oleh Laboratorium Penelitian Sitokin, Universitas Texas dan dipublikasikan pada tahun 2015, membuktikan bahwa jahe mempunyai khasita untuk mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung, pancreas, hati, dan kolorektal.

Meningkatkan imunitas tubuh

Sakit terus menerus dapat membuat kita tidak produktif. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jahe. Konsumsi jahe setiap hari, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga menurunkan resiko terkena penyakit dan infeksi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...