5 Masalah Keuangan yang Sering Dialami Milenial

Cindy
Cindy

5 Masalah Keuangan yang Sering Dialami Milenial Foto: Pexels

Winnetnews.com - Pada zaman sekarang ini setiap orang harus pintar mengelola keuangannya. Penghasilan yang didapat, tidak boleh lebih besar daripada pengeluaran. Sayangnya, demi memenuhi tuntutan gaya hidup, sering kali kaum milenial menghabiskan banyak sekali uang. Pada akhirnya gaji yang mereka dapatkan pun tidak cukup sampai akhir bulan.

Jadi nggak heran kalau kaum milenial salah mengelola keuangan, mereka dan bakal mengalami 5 masalah keuangan berikut ini.

1. Gaji habis sebelum akhir bulan

Masalah keuangan ini sering kali melanda kaum milenial adalah gaji yang cuma numpang lewat saja di rekening. Baru gajian, beberapa hari kemudian gaji sudah habis tidak ada sisanya.

Kalau hal ini terjadi sama kamu, berarti kamu harus mulai memperbaiki keuanganmu. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa kurangi semua hal-hal yang bersifat konsumtif.

2. Punya banyak cicilan

Di zaman seperti sekarang ini, semua hal bisa dicicil. Mulai dari mobil, motor, rumah, ponsel, elektronik, sampai kartu kredit. Akibatnya setiap ada gadget baru, kamu jadi tertarik untuk membelinya.

Apalagi sekarang ini banyak pilihan cicilan yang bisa membuatmu semakin tergiur. Caranya mudah tahan keinginan belanja kamu, apa pun alasannya. Selagi cicilanmu belum lunas, jangan lagi menambah cicilan-cicilan baru.

3. Tidak punya tabungan darurat

Tabungan darurat berbeda dengan tabungan biasa. Tabungan darurat ini adalah tabungan yang isinya hanya boleh dipakai dalam kondisi darurat. Contohnya, kamu tiba-tiba sakit dan butuh uang untuk membayar biaya rumah sakit. Tabungan darurat ini isinya harus lebih besar dari gaji kamu.

Kamu bisa membuat tabungan dari THR tahunan kamu. Tabunglah uangnya sebagai dana darurat kamu.

4. Kartu kredit over limit

Ketika uang gajimu habis, akhirnya kamu mengandalkan kartu kreditmu untuk membayar semuanya. Akibatnya kartu kredit kamu juga menjadi over limit. Dan di bulan depan kamu masih harus membayar tagihan yang besar.

Lunasi tagihan kartu kreditmu sekaligus setiap bulan. Jangan hanya membayar minimum payment-nya saja karena kamu akan terkena bunga.

5. Saldo tabungan selalu nol rupiah

Di awal bulan, uang di tabungan masih banyak karena memang baru gajian. Namun setelah beberapa hari kemudian, saldo di tabungan pun semakin menipis karena dipakai untuk membayar ini dan itu.Belum pertengahan bulan saldo tabunganmu sudah nol rupiah karena uangnya sudah habis kamu pakai semua. 

Kalau saldo tabunganmu selalu nol rupiah setiap bulan, mulailah untuk tegas mengelola uang. Sisihkan 10% dari uang gajimu untuk ditabung setiap bulan.

 

 

Penulis : Cindy Irma Cicilia
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?