5 Minuman yang Harus Dihindari Agar Jantung Tetap Sehat
Foto: Unsplash/Kous9

5 Minuman yang Harus Dihindari Agar Jantung Tetap Sehat

Rabu, 24 Mar 2021 | 18:51 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang penting untuk dilakukan. Meskipun tidak ada jaminan kamu tidak akan mengalami serangan jantung, tapi ada beberapa perubahan gaya hidup yang bsia dilakukan untuk mengurangi hal tersebut terjadi.

Serangan jantung terjadi saat aliran darah ke jantung tersumbat. Penyebab utamanya yakni karena penumpukan lemak, yang termasuk kolesterol berhaya (LDL), yang akhirnya membentuk plak. Penumpukan ini dikenal juga sebagai aterosklerosis dan dapat menyebabkan arteri menyempit dan mengeras, sehingga akhirnya menghambat aliran darah.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa mengubah gaya hidup menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Di bawah ini adalah beberapa minuman yang harus dikurangi konsumsinya, agar jantung tetap sehat.

Soda

“Penelitian telah menemukan bahwa minuman manis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama serangan jantung,” kata Cedrina Calder, MD, dokter pengobatan pencegahan bersertifikat di Nashville, Tennessee, dikutip Eat This.

Dia juga menyebutkan bahwa sebuah studi menunjukkan kalua orang yang minum lebih dari 12 ons soda sehari, memiliki kadar lemak darah abnormal yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kopi

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di ScienceDirect tahun 2020, menemukan bahwa orang yang minum enam cangkir kopi sehari atau lebih dapat meningkatkan lipid (lemak) yang ditemukan dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi kopi setiap harinya, untuk menjaga kesehatan jantung.

Minuman penambah energi

Menurut Calder, minuman penambah energi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, karena tekanan darah tinggi dan menyebabkan irama jantung tidak normal. Namun perlu diingat, bahwa efek samping merugikan ini gejalanya biasa terlihat pada orang yang mengonsumsi minuman tersebut dalam skala yang besar.

Alkohol

Seseorang yang minum minuman beralkohol berisiko mengalami masalah jantung daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Minuman beralkohol jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu masalah kesehatan, salah satunya yakni gangguan jantung.

Milkshake

Terdapat dua komponen yang menyebabkan milkshake berbahaya untuk serangan jantung, yakni karena di dalamnya terdapat gula dan lemak jenuh.

“Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa hanya satu kali makan tinggi lemak dapat memicu penyakit jantung pada beberapa orang,” jelas Cedrina Calder.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...