5 Mitos Payudara yang Selalu Dipercaya Perempuan

Cindy
Cindy

5 Mitos Payudara yang Selalu Dipercaya Perempuan Foto: Ilustrasi

Winnetnews.com - Berbicara mengenai payudara memang tak ada habisnya. Selama ini sudah ada banyak cerita tentang payudara. Sayangnya, ada beberapa fakta yang tenggelam oleh mitos.

Dilansir dari allday.com, berikut kebenaran tentang payudara yang wajib kamu ketahui.

1. Tidur dengan bra bisa kanker payudara

Mitos ini sering mengatahui banyak perempuan, nayatanya tidur dengan bra bukan penyebab utama kanker. Namun payudara juga membutuhkan ‘udara’ setelah seharian menggunakan bra. Jadi jika tidur tanpa bra, berarti Anda memberikan payudara untuk 'bernapas' sejenak.

2. Pertambahan berat badan bisa memperbesar payudara

Payudara terbuat dari lemak, jadi jika berat badan kamu bertambah, maka bisa diasumsikan bahwa payudara menjadi lebih besar. Tetapi tidak semua orang mengalami hal yang serupa karena tipe tubuh dan distribusi lemak masing-masing orang berbeda. Ada perempuan yang ketika berat badannya bertambah, maka ukuran payudaranya pun meningkat. Namun banyak juga yang tidak.

3. Hanya perempuan yang bisa terkena kanker payudara

Selama ini kanker payudara hanya menyerang wanita, namun pria pun juga bisa didiagnosis dan terkena kanker payudara karena mereka juga memiliki jaringan payudara. Memang risikonya tidak sebanyak pada perempuan dan hanya terhitung 1% dari semua kasus kanker payudara pada laki-laki.

4. Payudara memiliki ukuran yang sama

Tak semua wanita memiliki payudara yang ukurannya sama. Biasanya, payudara bagian kiri lebih besar dari yang kanan. Tapi, tidak perlu khawatir karena kejadian ini normal. Ada teori yang menyatakan bahwa hal ini terjadi karena hipersensitivitas imun yang cenderung lebih tinggi di sisi kiri manusia.

5. Menyusui bisa membuat payudara kendur

Saat hamil, payudara akan lebih besar, begitu juga setelah melahirkan dan menyusui. Perubahan berat badan akan membuat ukuran payudara juga mulai berkurang. Kehamilan bukan penyebab utama payudara kendur. Ada beberapa faktor yang memengaruhinya, seperti usia, hormon, perubahan berat badan dari gemuk menjadi kurus.

 

 

Apa Reaksi Kamu?