5 Mitos Puasa yang Wajib Kamu Ketahui
Foto: Ilustrasi

5 Mitos Puasa yang Wajib Kamu Ketahui

Minggu, 5 Mei 2019 | 13:42 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com - Bulan Ramadan sudah tiba, seluruh umat Muslim di dunia akan menunaikan ibadan Ramadan atau puasa selama satu bulan lebih dari 5 Mei sampai 4 Juni.

Di bulan puasa ini banyak nyatanya masih banyak orang yang percaya dengan mitos tentang Ramadan yang sudah ada sejak dahulu. Berikut beberapa mitos puasa yang masih dipercaya orang banyak.

1. Ibu hamil gak boleh berpuasa

Mitos ini berkembang karena banyak yang percaya bahwa jika ibu hamil berpuasa, maka bayi yang ada dalam kandungannya gak akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Padahal aman-aman saja kok ibu hamil berpuasa asalkan selama sahur dan berbuka tetap memperhatikan asupan nutrisi yang baik.

2. Menelan air liur bisa membatalkan puasa

Kamu pasti sering mendengar kalimat jika menelan air liur dapat membatalkan puasa. Padahal menelan air liur merupakan suatu aktivitas yang dilakukan secara refleks. Dan sangat mustahil manusia gak menelan air liurnya sendiri karena secara alami mulut akan terus memproduksi air liur.

3. Berbuka puasa dengan yang manis-manis

Sampai sekarang masih banyak yang menjadikan berbuka dengan makanan manis sebagai kebiasaan selama Ramadan, dengan alasan sunnah Rasulullah SAW. Padahal dalam hadits dijelaskan secara gamblang bahwa Rasulullah berbuka dengan kurma dan air putih, bukan dengan yang manis-manis.

4. Tidak boleh sikat gigi selama berpuasa

Sampai sekarang masih ada saja orang yang gak mau menyikat gigi selama puasa dengan alasan takut membatalkan puasa. Padahal kita semua tahu jika selama menjalani ibadah puasa, produksi air liur akan berkurang dan menyebabkan berbagai masalah pada mulut seperti bau mulut, iritasi, dan juga plak.

5. Orang tua dilarang berpuasa

Masih banyak orang yang mengira jika orang tua tidak bisa berpuasa. Tolok ukur untuk mengetahui apakah seseorang dapat berpuasa gak dilihat dari usia, melainkan dari riwayat kesehatan. Jadi walaupun sudah tua, asalkan kakek dan nenek masih sehat dan bugar, mereka masih boleh melarang mereka berpuasa.

 

 

Penulis : Cindy Irma Cicilia
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...