5 Pantai Ini Bisa Bikin Liburan Anda Berkesan di NTB!
Foto: Triphotel

5 Pantai Ini Bisa Bikin Liburan Anda Berkesan di NTB!

Kamis, 17 Nov 2016 | 10:35 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Nusa Tenggara Barat yang terkenal dengan pantai dan Lomboknya yang eksotis, memiliki beberapa tempat wisata yang bisa memanjakan mata Anda. Pulau yang berada di tengah - tengah Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Banyak yang bisa Anda kunjungi di NTB selain Gili, Senggigi atau Sumbawa. Namun jika Anda berniat untuk mengunjungi Nusa Tenggara Barat, pastikan Anda sudah mengetahui wisata apa saja yang akanAnda kunjungi. Jangan sampai pengalaman berharga Anda di NTB menjadi hilang begitu saja.

Sebagai rekomendasi, seperti dirangkum dari beberapa tulisan, berikut ini adalah beberapa wisata di NTB yang bisa membuat Anda tercengang

1. Desa Mantar

image0

Jika Anda pernah menonton film Serdadu Kumbang, pasti Anda tidak asing dengan tempat ini. Desa Mantar akan menyajikan pemandangan bak desa di atas awan. Tentu ini akan menjadi pengalaman berharga Anda ketika bisa melihat pemadangan Sumbawa dari atas bukit. Jika Anda ingin menyaksikan Sumbawa dari atas, Anda perlu melewati jalanan menanjak nan terjal. Sepertinya tak masalah jika Anda harus melewati rintangan untuk melihat indahnya Sumbawa. Desa wisata ini terletak di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya di Kecamatan Pototano.

2. Pantai Tanjung Pasir

image1

Pantai yang terkenal panas ini memiliki panorama yang sangat menarik. Jadi pastikan Anda membawa sunblock agar liburan Anda tidak berakhir tragis. Mau sepanas apapun, Pantai Tanjung Pasir tetap menyajikan pemandangan yang gak ada matinya. Ketenangan dan suara air ombak membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang dan fresh kembali. Mau snorkeling atau diving, semuanya bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Pasir. Disarankan untuk mengunjungi pantai ini pada saat bulan Juni atau Juli. Karena saat itu ombak sedang tenang dan tidak berbahaya.

3. Pantai Ai Manis

image2

Masih berada di pantai, Pantai Ai Manis juga memiliki panorama yang indah. Jika Anda sudah bersnorkeling ria di Pantai tanjung Pasir, tidak ada salahnya juga untuk menengok isi dari Pantai Ai Manis ini. Dijamin akan membuat Anda ketagihan! Di kawasan ini juga terdapat hutan tropis. Susur hutan atau hiking adalah pengalaman yang sangat seru untuk dicoba. Pepohonan rindang dengan udara yang sangat bersih adalah kelebihan Ai Manis yang barangkali tidak pernah kita dapatkan di daerah perkotaan. Pantai Ai Manis letaknya berdekatan dengan Tanjung Pasir. Dari Tanjung Pasir, titik ini bisa ditempuh dengan menggunakan kapal motor nelayan dengan waktu tempuh selama 20 menit. Sedangkan jika Anda berangkat dari Pantai Kencana, Ai Manis dicapai dalam waktu 1 jam. Alternatif lainnya adalah berangkat menuju Ai Manis dari Ai Bira dengan mengendarai speed boat selama 30 menit.

4. Kawasan Lindung Poto Jarum

image3

Kawasan Lindung yang satu ini bisa menjadi surganya Sumbaya. Lihat saja betapa bersih dan terawatnya tempat kawasan ini. Poto Jarum alias Ujung Jarum ini bisa menjadi wadah bagi pecinta snorkeling dan diving, karena di sini ditumbuhi oleh banyak terumbu karang yang indah, dan jangan lupa ikan - ikannya yag bervariasi. Karena ini adalah kawasan yang dilindungi, maka Anda tidak akan menemukan bangunan - bangunansemacam gubuk apalagi resort. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Poto Jarum, tempat ini sebenarnya tidak begitu jauh dari Pantai Tanjung Pasir, perjalanan Anda akan memakan waktu kurang lebih 60 menit dari Pantai Tanjung Pasir menggunakan kapal motor nelayan.

5. Pantai Kencana Sumbawa Besar

image4

Pantai Kencana yang jaraknya sekitar 11 km dari Kota Sumbawa Besar ini memiliki panorama yang menarik. Pantai yang sangat melengkung ini memiliki sebuah batu karang yang berdiri kokoh dengan sebuah lubang akibat hantaman ombak. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini, Anda bisa menempuhnya dari kota Sumbawa Besar kurang lebih 30 menit. Jika Anda datang dari arah Sumbawa Besar, ikuti saja jalan provinsi ke arah Pelabuhan Poto Tano. Gerbang masuk ke pantai ini terletak di sebelah kanan jalan, sekitar 500 m ke arah barat dari Pelabuhan Badas. Anda akan melihat sebuah gerbang bertuliskan Hotel Pantai Kencana. Pantai ini memang termasuk dalam kawasan hotel. Tiket masuknya Rp. 2.000/orang, dan Rp.1.000 untuk parkir motor. Di pinggir pantai ini terdapat beberapa bungalow dan restaurant.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...