(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

5 Pantai Super Cantik Tersembunyi di Yogyakartra

Liani
Liani

5 Pantai Super Cantik Tersembunyi di Yogyakartra
WinNetNews.com - Sebagai negara kepulauan, Nusantara kita memiliki banyak sekali pantai indah selain di Bali. Beberapa di antaranya ada di Yogyakarta. Tapi karena Yogyakarta lebih dikenal akan candi-candi dan keratonnya, belum banyak orang yang tahu keindahan pantai-pantai di daerah istimewa ini.

Namun, justru karena belum banyak orang yang tahu, pantai-pantai tersebut bisa dikatakan masih “perawan." Mau tahu apa saja pantai-pantainya? Yuk, simak di bawah ini.

1. Pantai Ngobaran

image0

Pantai berpasir putih dengan air biru yang bersih? Banyak! Tapi yang unik dari Pantai Ngobaran ini adalah keberadaan empat tempat ibadah untuk empat kepercayaan yang berbeda.

Seluruh tempat ibadah tersebut dibangun berdekatan satu sama lain. Namun, yang paling terlihat dari keempat tempat ibadah tersebut adalah pura dengan patung dewa berwarna putih. Nah, kalau Anda datang ke sini di pagi hari, Anda bisa melihat aktivitas masyarakat setempat memanen rumput laut.

 

2. Pantai Sadeng

image1

Pantai Sadeng untuk para geologiwan disebut berada di jalur aliran air Bengawan Solo Purba. Maksudnya adalah pantai ini jutaan tahun yang lalu merupakan di mana Sungai Bengawan Solo bermuara.

Tapi karena adanya pergerakan lempeng bumi, makanya aliran airnya berpindah ke arah utara seperti sekarang. Sebagian besar orang mengenal Sadeng sebagai tempat pelelangan ikan. Coba lihat juga, pantai yang dikelilingi tebing kapur ini juga punya keindahan luar biasa!

 

3. Pantai Pok Tunggal

image2

Nah, pantai yang satu ini cocok sekali untuk tempat bersantai. Pasirnya yang berwarna putih bersih dan ombak airnya yang relatif tenang, dijamin akan membuat Anda serasa berada di Bali atau Lombok. Yang unik dari pantai ini adalah keberadaan mata air tawarnya. Di pinggir pantai kok ada mata air?

Mata air ini diduga berasal dari sungai bawah tanah. Selain itu, Anda juga bisa menemukan sebatang pohon Duras tepat di tepi pantai. Karena pohon inilah, pantai ini diberi nama Pantai Pok Tunggal yang berarti pantai satu pohon. Dikelilingi oleh tebing-tebing karang, Anda juga bisa menemukan sekelompok kera di sini.

 

4. Pantai Siung

image3

Namanya diambil dari bentuk salah satu bebatuan karang yang ada di sini. Katanya sih mirip dengan gigi kera atau Siung Wanara. Makanya pantai ini dinamakan Pantai Siung. Salah satu hal yang membuat pantai ini menarik adalah banyaknya tebing karang yang dimanfaatkan sebagai arena panjat tebing.

Hingga saat ini, sudah ada 250 jalur pemanjatan di Pantai Siung. Selain itu, Anda juga bisa berkemah menikmati keindahan pantai dari siang hingga petang di camping ground yang tersedia di sini.

 

5. Pantai Ngrenehan

image4

Kalau kebetulan Anda sedang berkunjung ke Pantai Ngobaran, jangan lupa juga melipir ke pantai di sebelahnya, Pantai Ngrenehan. Pasir putih dan air pantainya yang berwarna hijau terang dijamin akan membuat Anda jatuh cinta.

Selain pemandangannya yang cantik sekali, di sini Anda juga bisa melihat aktivitas para nelayan mencari ikan. Makanya kalau ke sini, Anda akan melihat banyak perahu nelayan tradisional yang ditambatkan di sepanjang tepi pantai. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});